Abstract. Salah satu tujuan pembelajaran IPS adalah mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam mata pelajaran IPS guna mencapai fungsi ini adalah bisa memilih dan menggabungkan materi sesuai dengan local content masyarakat Indonesia. Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan masyarakat Indonesia yang beragam akan menjadi rujukan peserta didik untuk mempelajari berbagai keragaman yang ada dalam masyarakat Indonesia. Sehingga bisa mencegah radikalisme di tengah tengah kehidupan bernegara. Penelitian ini menggunakan studi literature dalam menganalisis bahan ajar IPS berbasis pendidikan multikultural dan kearifan lokal daerah dalam mewujudkan integrasi nasional. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar IPS berbasis pendidikan multikultural dan kearifan lokal daerah terbukti efektif dalam mewujudkan integrasi nasional.Keywords: Bahan ajar IPS, pendidikan multikultural, kearifan lokal, integrasi nasional
Copyrights © 2021