Discourse of Physical Education
Vol. 1 No. 1 (2022): February

Peningkatan Keterampilan Guru Pendidikan Jasmani dalam Menutup Pembelajaran melalui Tindakan Pendampingan

Nurmasyitah Nurmasyitah (SD Negeri 3 Aree)
Suroto Suroto (Universitas Negeri Surabaya)
Nanik Indahwati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan pendampingan yang mampu meningkatkan keterampilan mengajar terutama pada aspek menutup pembelajaran guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo setelah mendapatkan pendampingan. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini adalah pemberian tayangan video keterampilan menutup pembelajaran, berdiskusi dengan guru pendidikan jasmani dan melakukan pendampingan perekaman, dan diskusi dilapangan. Subjek dari penelitian ini adalah 5 guru pendidikan jasmani SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan menutup pembelajaran yaitu: Untuk SDN Geluran I sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 4. SDN Geluran II sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 3. SDN Geluran III sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 5. SDN Trosobo II sebelumnya mendapat nilai 0 menjadi 4. SDN Sidodadi II sebelumnya mendapat 2 menjadi 5. Simpulan dalam penelitian ini setelah dilakukan tindakan pendampingan pemberian tayangan video pembelajaran, berdiskusi tentang keterampilan mengajar pada aspek menutup pembelajaran, melakukan perekaman dan melakukan diskusi dilapangan. Dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani pada aspek menutup pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dpe

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

The Discourse of Physical Education (DPE) features peer-reviewed research articles based on classroom and laboratory studies, descriptive and survey studies, summary and review articles, and discussion of current topics of interest in physical education at every level education. DPE (ISSN. ...