cover
Contact Name
Johan Irmansyah
Contact Email
dpe.litpam@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
dpe.litpam@gmail.com
Editorial Address
Tanjung Karang Sekarbela, Mataram, West Nusa Tenggara
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Discourse of Physical Education
ISSN : -     EISSN : 28291336     DOI : https://doi.org/10.36312/dpe
Core Subject : Health, Education,
The Discourse of Physical Education (DPE) features peer-reviewed research articles based on classroom and laboratory studies, descriptive and survey studies, summary and review articles, and discussion of current topics of interest in physical education at every level education. DPE (ISSN. 2829-1336) is an open-access scrientific journal that published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) twice a year (bianually) in February and August.
Articles 11 Documents
Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar Eko Mukti Prabowo; Edy Mintarto; Nurkholis Nurkholis
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 1 (2022): February
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.4 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i1.604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan variasi dan kombinasi permainan gerak dasar atletik lompat pada pembelajaran PJOK berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, menggunakan 1-7 langkah dari 10 langkah pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Langkah-langkah dari proses ini disebut sebagai siklus Research & Development. Hasil penelitian meliputi evaluasi ahli, serta uji coba kelompok kecil dan besar di mana (1) hasil evaluasi 3 ahli permainan diperoleh hasil 79,99%, sedangkan evaluasi 2 ahli pembelajaran diperoleh hasil 84,78% dengan kriteria baik; (2) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 88,74% dan untuk guru diperoleh hasil 98% dengan kriteria baik, sedangkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil 88,71% dan untuk guru diperoleh hasil 95,5% dengan kriteria baik, sehingga dapat digunakan model permainan peserta didik kelas V di Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Kesimpulan penelitian ini menekankan pada model pembelajaran atletik lompat yang sesuai dengan pendekatan tematik melalui permainan, peserta didik dapat belajar secara efektif, efisien, dan menyenangkan. Variations and Combinations of Jumping Athletics Basic Motion Games in PJOK Learning in Elementary Schools Abstract The aim of this research is to develop variations and combinations of basic motion games in jumping athletics in PJOK learning based on the 2013 Curriculum. The type of research used in this research is development, using 1-7 steps of 10 steps of development. The data analysis technique used is a quantitative descriptive analysis technique with a percentage. The steps of this process are usually referred to as the Research & Development cycle. The results of the study include expert evaluations, as well as small and large group trials wheres, (2) the results of the evaluation of 3 game experts, the results obtained 79.99%, while the evaluation of 2 learning experts obtained the results of 84.78% with a good criteria; (2) the results of small group trials, the results obtained 88.74% and for teachers the results obtained 98% with good information, while the results of large group trials obtained 88.71% results and for teachers the results obtained 95.5% with good information, so The game model for fifth grade students in Bareng District, Jombang Regency can be used. The conclusion of this study emphasizes the jumping athletic learning model that is in accordance with the thematic approach through games, students can learn effectively, efficiently, and fun.
Metode Bermain di Lingkungan Pantai Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama Qanet Hayatunnufus; Lalu Sapta Wijaya Kusuma; Eko Sucipto
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 1 (2022): February
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.88 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i1.606

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan metode bermain di lingkungan pantai terhadap peningkatan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang yang berjumlah 22 orang. Untuk pengumpulan data diperoleh dengan mengamati dan menguji hasil belajar siswa dengan instrumen tes berupa: (1) Penilaian Afektif, (2) Penilaian Kognitif, dan (3) Penilaian Psikomotor. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pertanyaan langsung dengan taraf signifikansi 100%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase kriteria hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan yang baik. Siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, psikomotor dan afektif adalah 73,21. Sedangkan, siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, psikomotor dan afektif adalah 81,64. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan metode bermain di lingkungan pantai dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Taliwang. The Method of Playing in the Beach Environment as an Effort to Improve the Junior High School Students’ High Jumping Ability Abstract The purpose of this study was to determine the results of the implementation of the method of playing in a beach environment on improving high jump learning outcomes in class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang. This research method uses Classroom Action Research. The sample in this study was class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang, totaling 22 people. For data collection, it was obtained by observing and testing student learning outcomes with test instruments in the form of: (1) Affective Assessment, (2) Cognitive Assessment, and (3) Psychomotor Assessment. While the data analysis technique used direct questions with a significant level of 100%. The results of the study revealed that the percentage of student learning outcomes criteria in each cycle experienced a good increase. Cycle 1 the average student learning outcomes for cognitive, psychomotor and affective aspects is 73.21 while cycle 2 the average student learning outcomes for cognitive, psychomotor and affective aspects is 81.64. The conclusion of this study shows that after the application of the method of playing in a beach environment can improve high jump learning outcomes in class VIII B students of SMP Negeri 4 Taliwang.
Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint 30 Meter Melalui Modifikasi Permainan "Bentengan" di Sekolah Dasar Fasisal Asrori; Adi Suriatno; Nune Wire Panji Sakti
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 1 (2022): February
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.044 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i1.607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint 30 meter melalui modifikasi permainan bentengan. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Desa Kekait, yang berjumlah 20 orang berjenis kelamin laki-laki 12 orang dan berjenis kelamin perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan lari sprint 30 meter dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas belajar lari sprint 30 meter hanya 5 siswa, meningkat menjadi 14 siswa pada siklus I (ketuntasan= 65%), dan meningkat kembali meningkat menjadi 19 siswa pada siklus II (ketuntasan= 95%). Modifikasi permainan bentengan memberi kontribusi yang signifikat terhadap peningkatan hasil lari sprint 30 meter. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi permainan bentengan dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 30 meter pada siswa kelas IV Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Desa Kekait. Improving Learning Outcomes of 30 Meter Sprint Running Through Modification of the Game "Bentengan” in Elementary Schools Abstract This study aims to determine the increase in learning outcomes for the 30 meter sprint through the modification of the game "Bentengan". This research method uses Classroom Action Research. This research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were fourth grade students of Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib, Kekait Village, which consisted of 20 students, 12 male and 8 female. The data collection technique was through a 30 meter sprint sprint ability test and observation of the learning activity process. Data validity using triangulation technique. Data analysis used descriptive techniques using percentage techniques to see trends that occurred in learning activities. The initial condition was that before the action research was carried out, only 5 students had completed learning to run the 30 meter sprint. In the first cycle increased to 14 students. Cycle II increased to 19 students. The game modification "Bentengan" made a significant contribution to the improvement of the 30-meter sprint result. The conclusions of this study indicate that the modification of the game "Bentengan" can improve the learning outcomes of the 30-meter sprint in fourth grade students of Madrassah Ibtidaiyah At-Tahzib Kekait Village. The achievement of completeness in learning the 30 meter sprint from the initial condition to the first cycle is 40%. From the first cycle to the second cycle by 30%. The improvement in overall learning outcomes from the initial conditions to the second cycle is 70%.
Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Dasar Inklusif Baiq Amalia Fridayati; Muhammad Ridwan Lubis; Erna Fitriatun; Rusdiana Yusuf
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 1 (2022): February
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.047 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i1.608

Abstract

Guru memiliki strategi tersendiri sehingga belum ada persamaan persepsi tentang strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif SDN 20 Mataram. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SDN 20 Mataram yang berjumlah 1 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SDN 20 Mataram terlaksana dengan baik dengan tercapainya tujuan pendidikan jasmani adaptif yaitu agar anak berkebutuhan khusus dapat beradaptasi dengan lingkungannya. (2) Pendidikan jasmani adaptif sama dengan pendidikan jasmani biasa, namun pada pelaksanannya untuk anak berkebutuhan khusus diberikan modifikasi dan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang diterapkan dengan 3 teknik, yaitu teknik modifikasi pembelajaran, lingkungan, dan aktivitas belajar.
Peningkatan Keterampilan Guru Pendidikan Jasmani dalam Menutup Pembelajaran melalui Tindakan Pendampingan Nurmasyitah Nurmasyitah; Suroto Suroto; Nanik Indahwati
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 1 (2022): February
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.439 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i1.609

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan pendampingan yang mampu meningkatkan keterampilan mengajar terutama pada aspek menutup pembelajaran guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo setelah mendapatkan pendampingan. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Tindakan dalam penelitian ini adalah pemberian tayangan video keterampilan menutup pembelajaran, berdiskusi dengan guru pendidikan jasmani dan melakukan pendampingan perekaman, dan diskusi dilapangan. Subjek dari penelitian ini adalah 5 guru pendidikan jasmani SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan menutup pembelajaran yaitu: Untuk SDN Geluran I sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 4. SDN Geluran II sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 3. SDN Geluran III sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 5. SDN Trosobo II sebelumnya mendapat nilai 0 menjadi 4. SDN Sidodadi II sebelumnya mendapat 2 menjadi 5. Simpulan dalam penelitian ini setelah dilakukan tindakan pendampingan pemberian tayangan video pembelajaran, berdiskusi tentang keterampilan mengajar pada aspek menutup pembelajaran, melakukan perekaman dan melakukan diskusi dilapangan. Dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pendidikan jasmani pada aspek menutup pembelajaran.
Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SLBN 1 Mataram Winensari Winensari; Johan Irmasyah; Isyani Isyani
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.721 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i2.879

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di seluruh satuan pendidikan. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan jasmani, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Bagi siswa normal, mempelajari pendidikan jasmani adalah hal yang mudah, tapi tidak untuk siswa yang berkebutuhan khusus. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLBN 1 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti prosedur, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Adapun partisipan penelitiannya terdiri dari tiga orang, yaitu guru pendidikan jasmani adaptif, guru pendamping, dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLBN 1 Mataram menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta didukung dengan data prestasi yang didapatkan oleh siswa berkebutuhan khusus, baik di dalam maupun di luar sekolah. Implementation of Adaptive Physical Education Learning at SLBN 1 Mataram Abstract Physical education is one of the subjects studied in all educational units. Every student has the right to get physical education, including children with special needs. For normal students, studying physical education is easy, but not for students with special needs. Therefore, it is necessary to conduct research that aims to determine the level of implementation of adaptive physical education learning at SLBN 1 Mataram. This type of research is descriptive qualitative research with data collection methods using interviews, observation, and documentation techniques. The data analysis technique in this study followed the procedures, namely data collection, data reduction, data display, verification, and drawing conclusions. The research participants consisted of three people, namely adaptive physical education teachers, accompanying teachers, and school principals. Based on the results of the study, the level of implementation of adaptive physical education learning at SLBN 1 Mataram showed quite good results. This can be seen from the suitability of the results of interviews, observations, and documentation and is supported by achievement data obtained by students with special needs, both inside and outside school.
Kedisiplinan dan Tanggungjawab Siswa dalam Pengaturan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 Ahmad Hendriawan Pratama; Nurtajudin Nurtajudin; Yudo Harvianto
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.989 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i2.880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan sikap tanggungjawab siswa MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko dalam pengaturan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko yang berjumlah 75 siswa, dengan teknik sampling menggunakan studi populasi. Instrumen dan pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket tertutup yang sudah disediakan jawabannya, sehingga responden tinggal memilih dengan memberikan tanda check list (?) pada kolom yang sesuai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat kedisiplinan siswa MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko dalam pengaturan pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 yaitu bervariasi dengan kategori “sangat rendah” sebesar 20% (15 siswa), “rendah” sebesar 22.67% (17 siswa), “sedang” sebesar 22.67% (17 siswa), “tinggi” sebesar 24% (18 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 10.67% (8 siswa). Sedangkan, hasil penelitian sikap tanggungjawab siswa MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko dalam pengaturan pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 yaitu bervariasi dengan kategori “sangat rendah” sebesar 12% (9 siswa), “rendah” sebesar 25.33% (19 siswa), “sedang” sebesar 33.33% (25 siswa), “tinggi” sebesar 20% (15 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 9.33% (7 siswa). Discipline and Responsibility of the Students in the Setting of Physical Education, Sport, and Health Learning During the Covid-19 Pandemic Abstract This study aims to determine the level of discipline and responsibility of the students of MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko in the setting of physical educationearning during the Covid-19 pandemic. The design of this study used a survey method with data collection techniques using a test instrument in the form of a questionnaire. The population in this study was the seventh grade students at MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko, totaling 75 students, with a sampling technique using a population study. The instrument and data collection in this study were in the form of a closed questionnaire whose answers had been provided, so that the respondents just had to choose by giving a check list (?) in the appropriate column. Data analysis technique used in this research is descriptive statistical technique with percentage. The results of the study on the level of discipline of MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko students in PJOK learning settings during the Covid-19 pandemic, which varied with the categories "very low" by 20% (15 students), "low" by 22.67% (17 students), "medium" by 22.67% (17 students), “high” by 24% (18 students), and “very high” by 10.67% (8 students). Meanwhile, the results of the research on the attitude of responsibility of MTs Pondok Pesantren Assulamy Langko students in PJOK learning settings during the Covid-19 pandemic varied with the category of "very low" by 12% (9 students), "low" by 25.33% (19 students), "moderate” by 33.33% (25 students), “high” by 20% (15 students), and “very high” by 9.33% (7 students).
Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Mujahidin NW Abu Dzar Alghifari; Sukarman Sukarman; Muhammad Ridwan Lubis; Mahmuddin Mahmuddin
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.984 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i2.881

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan jasmani di Madrasah Tsanawiyah Nahladatul Mujahidin NW Jempong. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas 7 dan 8 yang berjumlah 130 siswa. Instrumen penelitian disusun berdasarkan indikator dari variabel penelitian yang dijabarkan menjadi beberapa pertanyaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen yang berisi tentang pertanyaan yang meliputi 3 indikator, yaitu: respon siswa, sarana dan prasarana, dan aktivitas siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengemukakan hasil analisis data penelitian berupa data kuantitatif yang dihitung dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan jasmani, sebagai berikut; (1) kategori sangat baik sebanyak 2 orang dengan persentase 1,54%; (2) kategori baik sebanyak 34 orang dengan persentase 26,15%; (3) kategori cukup baik sebanyak 68 orang dengan persentase 52,31%; (4) kategori kurang baik sebanyak 15 orang dengan persentase 11,54%; dan (5) kategori sangat kurang baik sebanyak 11 orang dengan persentase 8,46%. Effectiveness of Online Learning on Physical Education Subjects at Nahdlatul Mujahidin Junior High School Abstract The purpose of this study was to analyze the effectiveness of online learning in physical education subjects at Nahladatul Mujahidin Jempong Junior High School. This study uses a quantitative descriptive research design. The sample used is all students in grades 7 and 8, totaling 130 students. The research instrument was arranged based on indicators from research variables which were translated into several questions. In this study, researchers used an instrument containing questions that included 3 indicators, namely: student responses, facilities and infrastructure, and student activities. In this study, the researcher presented the results of the analysis of research data in the form of quantitative data which was calculated using a percentage descriptive technique. The results of research on the effectiveness of online learning in physical education subjects, show that (1) the very good category is 2 people with a percentage of 1.54%; (2) good category as many as 34 people with a percentage of 26.15%; (3) good enough category as many as 68 people with a percentage of 52.31%; (4) unfavorable category as many as 15 people with a percentage of 11.54%; and (5) very poor category as many as 11 people with a percentage of 8.46%.
Kesiapan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Lombok Tengah dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Dimas Alfaraby Jihad; Rindawan Rindawan; Bangkit Yudho Prabowo
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.495 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i2.882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama di Kabupaten Lombok Tengah, khususnya Kecamatan Praya Timur dan Janapria dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Desain penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa angket. Populasi dalam penelitian adalah guru pendidikan jasmani yang berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampling menggunakan studi populasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket tertutup yang sudah disediakan jawabannya, sehingga responden tinggal memilih dengan memberikan tanda check list (?) pada kolom yang sesuai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian kesiapan guru pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama di Kabupaten Lombok Tengah, khususnya Kecamatan Praya Timur dan Janapria dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 berada pada kategori, sebagai berikut: (1) sangat siap sebanyak 2 orang dengan persentase 6,67%; (2) kategori siap sebanyak 7 orang dengan persentase 23,33%; (3) kategori cukup siap sebanyak 14 orang dengan persentase 46,67%; (4) kategori kurang siap sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%; dan (5) kategori sangat kurang siap sebanyak 2 orang dengan persentase 6,67%. Readiness of Junior High School Physical Education Teachers in Central Lombok Regency in Online Learning During the Covid-19 Pandemic Abstract This study aims to determine the readiness of physical education teachers in junior high schools in Central Lombok Regency, especially East Praya and Janapria Districts in online learning during the Covid-19 pandemic. The design of this study used a survey method with data collection techniques using a test instrument in the form of a questionnaire. The population in this study was physical education teachers, totaling 30 people, with a sampling technique using a population study. The instrument in this study is in the form of a closed questionnaire whose answers have been provided, so that respondents only need to choose by giving a check list (?) in the appropriate column. Data analysis technique used in this research is descriptive statistical technique with percentage. The results of the research on the readiness of physical education teachers in junior high schools in Central Lombok Regency, especially East Praya and Janapria sub-districts in online learning during the Covid-19 pandemic were in the following categories: (1) very prepared as many as 2 people with a percentage of 6.67% ; (2) ready category as many as 7 people with a percentage of 23.33%; (3) the category is quite ready as many as 14 people with a percentage of 46.67%; (4) less ready category as many as 5 people with a percentage of 16.67%; and (5) very unprepared category as many as 2 people with a percentage of 6.67%.
Level Aktivitas Fisik dan Pola Hidup Sehat Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Rahmat Suwandi; Fitri Anggraini Hariyanto; Haris Kurnianto
Discourse of Physical Education Vol. 1 No. 2 (2022): August
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.442 KB) | DOI: 10.36312/dpe.v1i2.883

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui level aktivitas fisik dan pola hidup sehat siswa SMPN 5 Kota Bima pada masa pandemi covid-19. Rancangan penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Bima yang berjumlah 59 siswa, dengan teknik sampling menggunakan studi populasi. Instrumen level aktivitas fisik siswa diperoleh dari pengisian angket Physical Activity Questionnaire-Adolescents (PAQ-A), sedangkan instrumen pola hidup sehat siswa diadaptasi dari penelitian Rohman & Nurhayati (2021). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian level aktivitas fisik siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bima sebagian besar berkategori sedang sebesar 50,85%, kategori rendah sebesar 42,37%, pada kategori tinggi sebesar 6,78%, pada kategori sangat rendah sebesar 0% dan pada kategori sangat tinggi 0%. Sedangkan, hasil penelitian pola hidup sehat siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bima, sebagai berikut; kategori sangat kurang sebesar 10,17%, kategori kurang baik sebesar 25,42%, pada kategori cukup baik sebesar 25,42%, pada kategori baik sebesar 23,73% dan pada kategori sangat baik 15,25%. Level of Physical Activity and Healthy Lifestyles Students During the Covid-19 Pandemic Abstract The purpose of this study was to determine the level of physical activity and healthy lifestyle of SMPN 5 Bima City students during the Covid-19 pandemic. The design of this study used a survey method with data collection techniques using a test instrument in the form of a questionnaire. The population in this study were all seventh grade students at SMPN 5 Bima City, totaling 59 students, with a sampling technique using a population study. The students' physical activity level instrument was obtained from filling out the Physical Activity Questionnaire-Adolescents (PAQ-A) questionnaire, while the student's healthy lifestyle instrument was adapted from research by Rohman & Nurhayati (2021). Data analysis technique used in this research is descriptive statistical technique with percentage. The results of the study on the level of physical activity of the seventh grade students of SMPN 5 Bima City were mostly in the medium category at 50.85%, in the low category by 42.37%, in the high category by 6.78%, in the very low category by 0% and in the very low category. high 0%. Meanwhile, the results of the study on healthy lifestyles for seventh grade students of SMPN 5 Bima City are as follows; in the very poor category by 10.17%, in the poor category by 25.42%, in the quite good category by 25.42%, in the good category by 23.73% and in the very good category by 15.25%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11