Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran Fiqih siswa kelas IX MTsN 2 Kota Bima. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 2 Kota Bima yang berjumlah 40 Orang. Terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan Fiqih siklus II yaitu, siklus I 70,63 dan siklus II 83,88. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT berdampak positif dan memiliki keunggulan dalam peningkatan hasil belajar Fiqih Siswa Kelas IX MTsN 2 Kota Bima.
Copyrights © 2021