POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Agustus 2022

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA SEPUTIH BANYAK

Oknisa Nur Rosida (Universitas Muhammadiyah Metro)
Sutrisni Andayani (Unknown)
Sudirman Aminin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh langsung gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak,untuk menjelaskan pengaruh langsung supervisi akademik berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak, dan untuk menjelaskan pengaruh langsung gaya kepemimpinan demokratis dan supervisi akademik berpengaruh langsung secara simultan terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak Seputih Banyak. Jenis penelitian yaitu Ex-Post Facto dengan teknik analisis dalam penelitian ini adalah pengaruh dengan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak, ditunjukan oleh Sig. = 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,253. Dengan demikian, sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru sebesar 25,3%.Ada pengaruh positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak, ditunjukan oleh Sig. = 0,027 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,116. Dengan demikian, sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 11,6%. Ada pengaruh positif antara gaya kepemimpinan demokratis dan supervisi akademik kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Seputih Banyak, ditunjukan oleh Sig. = 0,003 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis dan supervisi akademik kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 26,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Dari hasil pembahasan tersebut sesuai dengan tujuan penelitian bahwa gaya kepemimpinan demokratis dan supervisi akademik kepala sekolah sangat mempengaruhi kinerja guru khususnya di SMA Seputih Banyak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...