Journal of Social Empowerment
Vol. 4 No. 1 (2019): Journal of Social Empowerment

MENONTON FILM EDUKATIF (BERTEMA) BERSAMA UNTUK PENERAPAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 TERBIS KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK

Riza Dwi Tyas Widoyoko (Unknown)
Fahrul Vidiawan (STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Abstrak: Film edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjembatani pembelajaran agar lebih menarik dan memberikan nuansa lingkungan yang baru bagi siswa. Pentingnya media hadir dalam pembelajaran merupakan alternatif untuk memunculkan rangsangan, keaktifan, keterampilan yang baru bagi siswa dan mengetahui bentuk nyata terhadap aplikasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek pada penelitian ini merupakan siswa SDN 3 Terbis yang ada di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan film edukasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran tematik terpadu pada siswa sekolah dasar. Kedua, media pembelajaran melalui film ini dapat diaplikasikan dengan film edukasi animasi yang didalamnya menceritakan mengenai tema pembelajaran khususnya pendidikan karakter yang dipelajari siswa.

Copyrights © 2019