Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series: Islamic Education

Implikasi Pendidikan dari Al-Qur’an Surat Ar-Rahman Ayat 1-4 tentang Proses Pengajaran Al-Qur’an terhadap Upaya Menanamkan Karakter Kasih Sayang dan Komunikasi Pembelajaran

Shifa Nurul Aulia (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Aep Saeupudin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Ikin Asikin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Abstract. In the world of education, the growth of affection greatly affects the learning outcomes created. Thus, effective learning cannot be created without the love of a teacher to students. This is because love is the essence of teacher-student communication. This verse explains about Allah swt mentioning the most blessings to all mankind. So the first thing that Allah mentions is the blessing of compassion he teaches the Qur'an to His servants. Then the second favor, Allah strengthens with the creation of man. After that, al-bayan's third blessing was Allah teaching him the ability to speak and understand. The formulation of the problem arises: (1) How is the content of Q.S. Ar-Rahman verses 1-4 according to the commentators? (2) How is the essence of Q.S. Ar-Rahman verses 1-4 ? (3) What is the character of love and learning communication according to the experts? (4) What are the educational implications of the Al-Qur'an letter Ar-Rahman verses 1-4 regarding the process of teaching the Qur'an on efforts to instill the character of love and learning communication? The results of this study reveal in Qs Ar-Rahman verses 1-4 that Allah mentions the Qur'an as the most important after that al-insan (humans). Humans are given the potential of al-bayan to be taught in the form of speaking, speaking and expressing thoughts. With this potential, humans can develop and progress rapidly, especially in educational institutions. The implications contained in the Al-Qur'an letter Ar-Rahman verses 1-4 are that love in education is a very urgent matter and the most effective method in education is the affectionate approach. Parents and teachers should ideally be able to work together in building good communication towards the teaching of students. Abstrak. Dalam dunia pendidikan penumbuhan kasih sayang sangat berdampak terhadap hasil pembelajaran yang diciptakan. Sehingga, pembelajaran efektif tidak mampu diciptakan tanpa adanya kasih sayang dari seorang guru kepada peserta didik. Hal ini disebabkan kasih sayang merupakan inti dari komunikasi guru dan peserta didik. Ayat ini menerangkan tentang Allah swt menyebutkan nikmat – nikmat yang paling banyak kepada seluruh umat manusia. Maka yang lebih dahulu Allah sebutkan yaitu nikmat kasih sayang diajarkannya Al-Qur’an kepada para hamba-Nya. Kemudian nikmat kedua, Allah perkuat dengan penciptaan manusia. Setelah itu, nikmat yang ketiga al-bayan yaitu Allah mengajarinya kemampuan berbicara dan memahami. Munculah rumusan masalah : (1) Bagaimana isi kandungan Q.S. Ar – Rahman ayat 1-4 menurut para mufassir ? (2) Bagaimana esensi Q.S. Ar – Rahman ayat 1-4 ? (3) Bagaimana karakter kasih sayang dan komunikasi pembelajaran menurut para ahli ? (4) Apa implikasi pendidikan dari Al – Qur’an surat Ar-Rahman ayat 1-4 tentang proses pengajaran Al-Qur’an terhadap upaya menanamkan karakter kasih sayang dan komunikasi pembelajaran? Hasil dari penelitian ini mengungkapkan di dalam Qs Ar-Rahman ayat 1-4 bahwa Allah menyebutkan Al-Qur’an paling utama setelah itu al-insan (manusia). Manusia diberi potensi al-bayan untuk diajarinya berupa berbicara, berbahasa serta mengungkapkan pikiran. Dengan potensi ini manusia dapat berkembang dan mengalami kemajuan pesat terkhusus pada lembaga pendidikan. Implikasi yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman ayat 1-4 adalah Kasih sayang dalam pendidikan menjadi suatu hal yang sangat urgent dan metode yang paling efektif dalam pendidikan adalah pendekatan kasih sayang. Orang tua dan guru idealnya dapat bekerjasama dalam membangun komunikasi yang baik terhadap pengajaran peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...