Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education

Implementasi Metode Bercerita dengan Media Pop-Up Book pada Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di RA At-Thoharoh

Fahira Nurfathia (Prodi Pg PAUD dan Fakultas Tarbiyah keguruan)
Nan Rahminawati (PGPAUD, Universitas Islam Bandung)
Dewi Mulyani (PGPAUD, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Abstrack. Language is a communication tool used by us as social beings in everyday life, including early childhood. Early childhood language skills are recorded at the standard level of achievement of child development (STPPA). Language skills of children aged 5-6 years consist of understanding language, expressing language, and literacy. However, the language skills of children in Group B (aged 5-6 years) at the research site still do not meet the indicators in the STPPA. This study aims to examine and identify the steps of the opening and core activities as well as to find out how the closing activities use the storytelling method using pop-up book media on the language skills of group B children. The research method used is descriptive qualitative with collection techniques and procedures. The data in this study used interviews, observation and documentation. The data analysis technique was carried out by going through several stages, namely, data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity technique used in this research is triangulation. The results of this study are that in learning activities there are several children who fight over the pop-up book media to be read alone even though some of them are not yet fluent in reading writing, and there are still some children who find it difficult to write their own names. Abstrak. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh kita sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari, termasuk anak usia dini. Kemampuan bahasa anak usia dini tercatat pada standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA). Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun terdiri dari memhami bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan. Tetapi kemampuan Bahasa Anak Kelompok B (usia 5-6 Tahun) di tempat penelitian masih belum memenuhi indikator dalam STPPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengidentifikasi langkah-langkah kegiatan pembuka dan kegiatan inti serta untuk menemukan bagaimana kegiatan penutup dalam penggunaan metode bercerita dengan media pop-up book pada kemampuan bahasa anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik dan prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa anak yang berebut media pop-up book untuk dibaca sendirian meskipun diantara mereka ada yang belum lancar dalam membaca tulisan, serta masih terdapat beberapa anak yang sulit menuliskan nama sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSECTE

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education (BCSECTE) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Guru Paud dengan ruang lingkup sebagai berikut: Anak Usia dini (5-6 tahun), Bahasa Ekspresif, Bercerita, Berpikir logis ...