Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series: Islamic Education

Strategi Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Metode Ummi melalui Program Upgrading Bacaan Al-Qur’an

Hodijatun Nahdah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Ikin Asikin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Nadri Taja (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Abstract. The objectives to be achieved in this study are to find out and describe how the strategies adopted by schools and ummi coordinator teachers in improving the professional competence of Al-Qur'an teachers using the ummi method are also to find out and describe how they are implemented and their implications for the professional competence of Al-Qur'an teachers ummi method at SDIT Anni'mah Al-Karimah. This study uses a qualitative approach, and the type of research used is a descriptive study. The data collection technique uses observation, interview and documentation techniques, after that the data is analyzed using the Miles and Hubermant concept including data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study can be concluded that: (1) The objective condition of the competence of the Al-Qur'an teachers in the Ummi Method at SDIT Anni'mah has good competence, (2) In the implementation of the Al-Qur'an reading upgrading program at SDIT Anni'mah has been running continuously and is going well. Of course, this program can have good implications for the professional competence of SDIT Anni'mah teachers, (3) However, in the implementation of the ummi method of upgrading the reading of the Qur'an, there are still obstacles, namely the lack of awareness of the teachers of the Qur'an method. ummi about the importance of the program activities, then the lack of special room facilities for implementation activities, and the lack of time management. Abstrak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi yang dilakukan oleh sekolah serta guru koordinator ummi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Al-Qur’an metode ummi juga untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana pelaksanaanya serta implikasinya terhadap kompetensi profesional guru Al-Qur’an metode ummi . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu data dianalisis menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Kondisi objektif kompetensi guru Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Anni’mah memiki kompetensi yang baik, (2) Dalam implementasi pelaksanaan program upgrading bacaan Al-Qur’an sudah berjalan secara kontinue dan berjalan dengan baik. Tentunya program ini dapat berimplikasi baik terhadap kompetensi profesional guru ummi SDIT Anni’mah, (3) Tetapi dalam pelaksanaan program upgrading bacaan Al-Qur’an metode ummi ini masih terdapat hambatan, yaitu kurangnya kesadaran dari guru-guru Al-Qur’an metode ummi akan pentingnya kegiatan program tersebut, kemudian masih kurangnya fasilitas ruangan khusus untuk kegiatan pelaksanaanya, serta masih kurangnya manajemen waktu. Dengan itu, program ini masih terus melakukan perbaikan-perbaikan supaya dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...