Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series: Islamic Education

Implikasi Pendidikan dari Al-Qur'an Surah Al-Hujurat Ayat 11-12 tentang Upaya Pencegahan Perilaku Bullying

Patonah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Aep Saepudin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)
Eko Surbiantoro (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Abstract. Based on the background of the problem in this study states that the regulation regarding the prohibition of Bullying has been listed in the Qur'an QS.Al-hujurat verses 11-12 that occurred since the prophetic period as well as in the Constitution it has been stated that this act of bullying is also prohibited, but seeing the current situation as the development of the age of Bulying's behavior is increasingly rife and has become commonplace in the community, and education is due to the lack of public understanding of moral values contained in the Qur'an. This study aims to 1) knowing the opinions of the mufassir regarding QS.Al-hujurat 11-12, 2) finding the essence contained in the QS.Al-Hujurat 11-12, 3) finding implications regarding education about morals that exist in QS.Al-hujurat 11-12 in an effort to prevent Bullying behavior, the approach used in this study is a qualitative approach, while the method used is a descriptive analysis method with a type of literature that is in a way that is in a way collect data that is related to the discussion of researchers. Based on the results of the analysis of this study shows that the educational implications of QS.Al-hujurat verses 11-12, 1) Prohibition not to make fun of others, 2) Orders not to self-deprecate and call others with bad titles, 3) Prohibition not to su'udzaan (hunting prejudice), 4) Orders not to use (Ghibah) against fellow Muslims. Efforts in the prevention of Bullying are carried out by several methods first, the method of transparency. Second, the habituation method. Methods, advice. Third, the tarhib method. Abstrak. Berdasarkan latar belakang masalah pada penelitian ini menyatakan bahwa peraturan mengenai larangan Bullying sudah tercantum dalam Al-Qur’an QS.Al-hujurat ayat 11-12 yang terjadi sejak zaman masa kenabian begitupun dalam UUD telah dinyatakan bahwa tindakan bullying ini juga terlarang, akan tetapi melihat situasi kondisi saat ini seiring perkembangan zaman tindak perilaku Bulying ini semakin marak terjadi dan sudah menjadi hal yang dianggap lumrah di lapisan masyarakat, maupun pendidikan hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai akhlak yang ada didalam Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pendapat para mufassir mengenai QS.Al-hujurat 11-12, 2) menemukan esensi yang terkandung dalam QS.Al-Hujurat 11-12, 3) menemukan implikasi mengenai pendidikan tentang akhlak yang ada dalam QS.Al-hujurat 11-12 dalam upaya pencegahannya terhadap perilaku Bullying, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan jenis kepustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan data yang ada keterkaitan dengan pembahasan peneliti. Berdasarkan Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi Pendidikan dari QS.Al-hujurat ayat 11-12, 1) Larangan untuk tidak mengolok-olok orang lain, 2) Perintah untuk tidak mencela diri sendiri dan memanggil orang lain dengan gelaran yang buruk, 3) Larangan untuk tidak su'udzaan (berburuk sangka), 4) Perintah untuk tidak menggunjing (Ghibah) terhadap sesama muslim. Upaya dalam pencegahan Bullying dilakukan dengan beberapa metode yang Pertama, metode keteladanan. Kedua, metode pembiasaan. Metode, nasihat. Ketiga, metode tarhib.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...