Jurnal Karya Abdi Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Desember 2020

Literasi Digital Kelompok Tani Bunga 'Cemara Emas' Dalam Meningkatkan Branding Destination Wisata Bunga Desa Ledug Kec. Prigen Kab.Pasuruan

Fitria Widiyani Roosinda (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Delmarrich Bilga Ayu Permatasari (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Dewi Prihandari (Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Kampung Bunga 28 merupakan kampung bunga yang terletak di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Kampung bunga yang memiliki pemandangan yang indah dengan penduduk yang ramah dan solid, akan tetapi letak yang kurang dikenal oleh masyarakat luar daerah tersebut menyebabkan penurunan grafik penujualan tanaman hias yang tidak begitu tinggi. Hal ini dikarenakan kurangnya wawasan mengenai strategi pemasaran yang modern, sehingga perlunya pembekalan mengenai pemasaran secara modern yaitu pemasaran digital.Pemasaran digital adalah pemasaran yang dilakukan secara online dan tanpa batasan waktu sehingga dapat diakses kapan pun dan dimanapun, sehingga guna mendukung usaha ini, Universitas Bhayangkara melakukan kegiatan KKN Tematik di Kampung Bunga Desa Ledug dengan Program yang dilakukan adalah melakukan perapihan lingkungan dan tampilan tanaman toko, penambahan komponen pendukung untuk menampilkan produk serta memberdayakan pemasaran digital melalui pembuatan akun Instagram, dan shopee serta konten foto produk. Program ini bertujuan untuk menjadikan Kampung Bunga Desa Ledug sebagai objek wisata baru dengan menyuguhkan berbagai macam spot foto yang instagramable, keindahan alam dan tempat bercengkrama dengan nuansa alam serta dialiri air sungai yang bersih sehingga meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada penduduk Desa Ledug tentang pentingnya penggunaan media sosial sebagai platform untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk. Ada 3 tahap yang dilakukan, yaitu mendekorasi penempatan produk unggulan, mengoptimalkan pemasaran digital melalui pengambilan foto serta pembuatan akun Instagram dan shopee.Pencapaian yang didapat selama merangkai kegiatan tersebut dengan hasil saat ini Kampung Bunga Desa Ledug sudah memiliki berbagai macam objek wisata dan memiliki akun media sosial yang berisikan produk – produk tanaman hias serta marketplace untuk pemasaran digital. Media promosi digital ini berpotensiakan meningkatkan grafik penjualan tanaman hias dan membuat masyarakat lebih mengenal Kampung Bunga Desa Ledug.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKAM

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM) adalah jurnal yang diterbikan oleh LPPM Universitas Jambi untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi ...