Borobudur Educational Review
Vol 2 No 1 (2022)

Pengaruh model make a match berbantuan media ular tangga terhadap keterampilan berhitung

Arumsari Okta Irmawati (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Rasidi Rasidi (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Kun Hisnan Hajron (PGSD, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Make A Match berbantuan Media Ular Tangga terhadap Keterampilan Berhitung Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Sukosari Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperimental Design dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara Total Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Uji validitas tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.00. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T test dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.00. Hasil penelitian membuktikan terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan berhitung kelas eksperimen adalah untuk pretest 72,83 dan posttest 87,00.. Selisih rata-rata nilai pretest dan posttest adalah 14,17. Data hasil hipotesis dengan Asym sig sebesar 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis menyatakan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Ular Tangga berpengaruh terhadap Keterampilan Berhitung Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Sukosari Kabupaten Magelang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...