Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 5 No. 3 (2022): November 2022

Kepraktisan buku ajar berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata kuliah pembelajaran matematika di sekolah dasar

Vina Amilia Suganda M (Universitas Sriwijaya)
Toybah Toybah (Universitas Sriwijaya)
Siti Hawa (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Guru memiliki andil besar dalam mengarahkan agar siswa memiliki kemampuan matematika meliputi berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Hal inilah yang melatarbelakangi untuk mempersiapkan mahasiswa PGSD sebagai calon guru di masa yang akan datang agar dapat mengembangan kemampuan tersebut pada siswa di SD, salah satunya dengan mengembangkan buku ajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kegiatan penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan  ADDIE untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar berbasis HOTS.  Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, digunakan untuk mengumpulkan data dari subyek penelitian yaitu mahasiswa semester 3 (tiga) program studi PGSD FKIP Unsri. Setelah bahan ajar telah dinyatakan valid oleh ahli, selanjutnya menentukan kepraktisan bahan ajar melalui tahap uji coba one to one oleh 3 mahasiswa dan tahap small group oleh 9 mahasiswa. Diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa rekaptulasi hasil angket kelompok one to one dan small group yaitu 88,5 persen dengan kategori kepraktisan sangat baik, artinya bahan ajar ini praktis digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...