Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 4, No 2 (2022): JULI

Peningkatan Mutu dan Sumber Daya Manusia melalui Pembelajaran IPS yang Berkualitas di MTs Nurul Iman

Yenni Khairani Pane (Universitas Negeri Medan)
Dian Ratna Puri (Universitas Negeri Medan)
Yeni Saufina Siregar (Universitas Negeri Medan)
Aulia Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Arif Rahman (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi antara peningkatan mutu dan sumber daya manusia melalui pembelajaran IPS yang berkualitas di MTs Nurul Iman, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Peningkatan mutu peserta didik dapat melalui pembelajaran IPS yang berkualitas dan hal tersebut dapat terwujud apabila sumber daya manusia di sekolah juga berkualitas. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasis, analisis dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat relevansi antara peningkatan mutu dan sumber daya manusia melalui pembelajaran IPS yang berkualitas. Apabila pembelajaran IPS yang berkualitas dapat tercipta, maka hal itu juga berpengaruh pada kualitas manusia dan mutu pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan, agar sekolah lebih fokus pada peningkatan sumber daya manusia baik kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha, setelah itu, baru menciptakan pembelajaran berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...