Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 4, No 2 (2022)

HUBUNGAN ANTARA MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Fida Rahmantika Hadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara model PBL berbantuan media interaktif dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SDN Banjarejo Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Instrumen angket sebelumnya di uji kelayakannya dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 For Windows. Untuk mengetahui siswa termotivasi dalam belajar, peneliti menggunakan angket dengan hasil penghitungan uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat adanya hubungan antara media PBL berbantuan media interaktif dengan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil signifkansi terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,706 > 2,079), maka dapat diperoleh kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara model PBL berbantuan media video interaktif dengan motivasi belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...