Bandung Conference Series: Public Relations
Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series: Public Relations

Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas 1000 Guru Bandung dalam Mengajar dan Memotivasi Anak-Anak Negeri

Muchamad Fadhil Abdusy Syukur (Public Relations)
Wulan Trigartanti (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Abstract. Inequality in education in Indonesia is a figure that is often discussed by many parties. Starting from inadequate educational facilities, to the lack of educators which can affect the lack of quality education in Indonesia. These educational problems are often found in small towns and villages, especially in remote villages far from the city, which makes many students in the area stop pursuing their education. This phenomenon has made many education activists from the individual, group, organizational, community and even government levels to take action to support the assistance of various kinds of facilities for those who live in remote areas so that they can get their rights as citizens who deserve to receive education. One of them is the Bandung 1000 Guru Community which supports providing assistance to students in remote areas by becoming a teacher figure with the hope of making students in remote schools motivated to be enthusiastic about learning in pursuing knowledge until they can achieve everything they aspire to. The researcher wants to know the Persuasive Communication Strategy carried out by the Bandung 1000 Teacher Community in teaching and motivating students who attend school in the Bandung area who are affected by educational inequality. The research method used is qualitative with a descriptive approach. Data collection methods used in this study were interviews, observation, literature study and documentation. The data obtained were then analyzed by reducing, displaying and drawing conclusions. The result of this research is the persuasive communication strategy carried out by the Bandung 1000 Guru Community has 5 stages, namely Knowing the Audience, Composing Messages, Establishing Methods, Selection of Media Uses and Barriers. Which in the communication strategy element contains the concept of message design consisting of Fear Appeal, Emotional Appeal, Reward Appeal, Motivational Appeal, Humorious Appeal and also contains persuasive communication Abstrak. Ketimpangan pendidikan di Indonesia menjadi sosok yang sering diperbincangkan oleh banyak pihak. Dari mulai fasilitas pendidikan yang kurang memadai, sampai kurangnya tenaga pendidik yang dapat mempengaruhi kurangnya mutu pendidikan di Indonesia. Masalah-masalah pendidikan tersebut sering dijumpai di kota-kota kecil dan di desa-desa terutama desa yang terpelosok jauh dari kota yang membuat banyak siswa pendidikan di daerah tersebut berhenti mengejar pendidikannya. Fenomerna tersebut membuat banyak aktivis pendidikan dari mulai tingkat individu, kelompok, organisasi, komunitas bahkan sampai pemerintahan yang melakukan aksi untuk mendukung bantuan berbagai macam fasilitas bagi mereka-mereka yang tinggal di daerah terpelosok agar dapat mendapatkan haknya sebagai warga negara yang layak untuk mendapat pendidikan. Salah satunya adalah Komunitas 1000 Guru Bandung yang mendukung memberikan bantuan kepada siswa di daerah terpelosok dengan menjadi sosok pengajar dengan membawa harapan dapat menjadikan siswa-siswa di sekolah terpelosok termotivasi untuk semangat belajar dalam mengejar ilmu sampai dapat mencapai segala apa yang dicita-citakannya. Peneliti ingin mengetahui Strategi Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh Komunitas 1000 Guru Bandung dalam mengajar dan memotivasi siswa yang bersekolah di daerah Bandung yang terdampak oleh ketimpangan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, mendisplay dan mengambil kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Komunitas 1000 Guru Bandung memiliki 5 unsur tahapan yaitu Mengenal Khalayak, Menyusun Pesan, Menetapkan Metode, Seleksi Penggunaan Media dan Hambatan. Yang mana dalam unsur strategi komunikasi tersebut mengandung konsep perancangan pesan yang terdiri dari Fear Appeal, Emotional Appeal, Reward Appeal, Motivational Appeal, Humorious Appeal dan juga mengandung teknik komunikasi persuasif dengan teknik asosiasi, integrase, ganjaran, tataan dan red-hearing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Public Relations (BCSPR) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Public Relations dengan ruang lingkup Strategi Promosi, Brand, Citra, Corporate Social Responbility, Digital Public Relations, Diplomasi Publik, ...