Bandung Conference Series: Communication Management
Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management

Strategi Komunikasi dalam Menyosialisasikan Program Perlindungan Hak Anak

Ricky Rizki Setiawan (Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi)
Dede Lilis Chaerowati (Manajamen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Abstract. The Sahabat Anak Tasikmalaya Community (KASA) is a community consisting of a collection of Tasikmalaya students who are concerned about the protection of children's rights. KASA acts as the actualization and assistance of the Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Tasikmalaya, which is engaged in the protection of children's rights, especially in the field of advocacy and preventive efforts. The child rights protection program is the main program owned by KASA Tasikmalaya. In this case, KASA can help socialize to the community and educate children about the protection of children's rights. The method chosen by the researcher is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques used in this study were through interviews, observation, documentation, literature study and internet sources. The results of the research from the communication strategy of the 'Sahabat Anak’ Community in socializing the child rights protection program, namely (1) The strategy to recognize the audience carried out by the Sahabat Anak Tasikmalaya Community is that they are children aged 0 to 18 years and parents who have children, (2) The Sahabat Anak Tasikmalaya Community uses the concept of AIDDA in compiling messages, (3) the Sahabat Anak Tasikmalaya Community conveys messages using repetition, informative, persuasive, and educative methods, (4) the Sahabat Anak Tasikmalaya Community in the selection and use of media using pamphlets, and using new media/internet, namely Instagram and Facebook, (5) The communication strategy is a supporting factor for the socialization process because the delivery of messages is more regular and can also convey messages on target according to the objectives of the Tasikmalaya Children's Friends Community.interviewed, namely the leader of the ‘sahabat anak’ community and the community secretary of ‘sahabat anak’ Abstrak. Komunitas Sahabat Anak (KASA) Tasikmalaya merupakan komunitas yang terdiri dari kumpulan mahasiswa Tasikmalaya yang memiliki kepedulian terhadap perlindungan hak anak. KASA berperan sebagai aktualisasi dan asistensi Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Tasikmalaya yang bergerak dalam bidang perlindungan hak anak, khususnya di bidang advokasi dan upaya preventif. Program perlindungan hak anak merupakan program utama yang dimiliki oleh KASA Tasikmalaya. Dalam hal ini KASA dapat membatu menyosialisasikan kepada masyarakat dan mengedukasi kepada anak-anak mengenai perlindungan hak anak. Metode yang dipilih oleh peneliti adalah metode kualititatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan sumber internet. Hasil penelitian dari strategi komunikasi Komunitas ‘Sahabat Anak’ dalam menyosialisasikan program perlindungan hak anak, yaitu (1) Strategi mengenal khalayak yang dilakukan Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya merupakan mereka anak-anak usia 0 sampai 18 tahun dan orang tua yang memiliki anak, (2) Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya menggunakan konsep AIDDA dalam Menyusun pesan, (3) Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya menyampaikan pesan menggunakan metode repetition, informatif, persuasif, dan edukatif, (4) Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya dalam seleksi dan penggunaan media menggunakan pamflet, dan menggunakan media baru/internet yaitu Instagram dan Facebook, (5) Strategi komunikasi menjadi faktor pendukung proses sosialisasi karena penyampaian pesan lebih teratur dan juga dapat menyampaikan pesan tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya.Strategi Komunikas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content ...