cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcscm@unisba.ac.id
Phone
+6282118633944
Journal Mail Official
bcscm@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Communication Management
ISSN : -     EISSN : 28282183     DOI : https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i2
Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content Creation, Content Sharing, Daya Tarik Iklan, Drama Televisi, Event, Gaya Hidup, Interior Display, Jingle, Kampanye, Keputusan Pembelian, Keterikatan Pelanggan, Komunikasi antar pribadi, Komunikasi Pemasaran, Konsep Diri, Kredibilitas Komunikator, Kualitas Pelayanan, Literasi Media, Loyalitas Konsumen Manajemen branding, Media Sosial, Minat Beli Konsumen, Online Review, Pemasaran Konten, Penjualan produk, Persepsi Budaya, Personal Branding, Promosi online, Sikap, Store Atmospheredan Layout, Tagline, Terpaan Media, Tindakan Membeli, Transportasi Online, Ujaran Kebencian, Website, Word of Mouth. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 302 Documents
Peran Ekuitas Merek di Screamous Clothing Bandung Dina Juliana Bekti; Zulfebriges
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.453 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.103

Abstract

Abstrak. Di Kota Bandung industri pakaian yang bergerak dalam bidang clothing company sudah sangat menjamur, hal itu menyebabkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antara bisnis yang sejenis. Persaingan antar perusahaan mengharuskan setiap perusahaan untuk dapat meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing dengan menciptakan ekuitas merek yang tinggi. Dengan ekuitas merek, perusahaan dapat mengukur sejauh mana nilai dari merek perusahaan tersebut.Salah satu perusahan yang menerapkan ekuitas merek yang baik adalah Screamous Clothing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekuitas merek di Screamous Clothing Bandung yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai peran ekuitas merek di Screamous Clothing Bandung ini penulis memilih metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Dan teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, studi pustaka obeservasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti keempat elemen dari ekuitas merek berperan positif. (1) brand awareness yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 56.75%. (2) brand association yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 53%. (3) perceived quality yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan setuju, yaitu dengan jumlah 51.75%. (4) brand loyalty yang dilakukan oleh Screamous Bandung menyatakan sangat setuju, yaitu dengan jumlah 43.25%. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Screamous Clothing.
Promosi Dalam Elektronic Word Of Mouth pada Posting Instagram M.Andara Munazar R; Dede Lilis Chaerowati
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.409 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.104

Abstract

Abstrak. Promosi merupakan hal yang penting didalam strategi pemasaran sebuah produk dan jasa, perkembangan teknologi dan informasi membuat promosi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan maupun instansi untuk meningkatkan angka penjualan. Promosi dalam Penggunaan media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tempat untuk memenuhi berbagai kebetuhan informasi, termasuk juga electronic word of mouth. Instagram, sebagai salah satu media sosial, diketahui secara efektif dalam penyebaran electronic word of mouth. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Promosi dalam Elektronic Word Of Mouth yang terdapat dalam Posting (Gambar,Caption, Hastag dan Komentar) akun Instagram 7Weddingconcept. Motode ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis isi dengan Sample postingan sebanyak 15. penelitian ini berusaha untuk mencari tahu bagaimana promosi dalam element e wom dalam postingan Instagram serta mengetahui frekuensi kemunculannya element e WOM paling besar. Hasil menunjukan postingan Instagram 7 wedding concept memiliki element e WOM yang meliputi Concern of Others pada gambar dan hastag sejumlah 33.33%, Expresing Positive Feelings pada gambar 53,33%, Venting Negative Feelings 6.66%, Platform Assistence pada hastag dan komentar 46.66%, dan Helping the Company pada hastag 46.66%. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Instagram
Strategi Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Mensosialisasikan Program Kerjanya Kepada Guru Puri Rahmi Surachman; Wiki Angga Wiksana
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.739 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.105

Abstract

Abstrak. Kepala sekolah sebagai pemimpin tentu memiliki program kerja yang telah dirancang agar terciptanya lingkungan sekolah yang baik, dan harus mensosialisasikannya kepada guru yang berada di bawah kepemimpinannya. Dalam mensosialisasikan program kerjanya, kepala sekolah memerlukan startegi komunikasi agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan harapan sehingga komunikasi dapat dikatakan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan kepala sekolah SDN 022 Cicadas dalam mensosialisasikan program kerjanya kepada guru. Untuk mengetahu strategi komunikasi yang digunakan dilihat dari tahapan planning, organizing, actuating, controlling. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa tahapan planning, organizing, actuating, contolling yang di rancang oleh kepala sekolah SDN 022 Cicadas berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa hambatan komunikasi yang dialami.namun tetap dapat membuat guru-gurunya menjalankan program yang telah disosialisasikan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepala Sekolah, Program Kerja, POAC
Komunikasi Antarpribadi Antara Ikhwan dan Akhwat Dalam Proses Ta’aruf Turesmi pujiyanto; Yulianti
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.114 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.106

Abstract

Abstrak. Ta’aruf merupakan komunikasi antarpribadi yang diadik antara dua orang saling memperkenalkan diri dan mempunyai hubungan yang mantap dan jelas, dimana dalam memberikan informasi harus ada pengungkapan diri satu sama lain untuk saling memahami dan memantapkan diri melangkah ke jenjang pernikahan. Ta’aruf membutuhkan kesiapan mental, tidak asal menyatakan perasaan seperti pacaran. Sekarang ini teknologi internet sebagai media baru telah berkembang, banyak situs maupun aplikasi yang menawarkan fasilitas ta’aruf, salah satu aplikasi dengan program mentoring online dan menyediakan layanan ta’aruf yang syar’i adalah Kelas Jodoh yang memberikan pemahaman kepada ikhwan dan akhwat tentang pra nikah melalui berbagai video, e-book, dan tugas-tugas pemantasan diri sebelum akhirnya melakukan ta’aruf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengungkapan diri mengenai sikap dan opini, selera dan minat, pekerjaan, keuangan, kepribadian, dan fisik antara ikhwan dan akhwat dalam proses ta’aruf. Peneliti menggunakan teori Self-disclosure dari Jourard. Penelitian yang menggunakan teknik penarikan sampel proporsional ini, dari populasi 836 orang ditarik 85 responden dan ditemukan kesimpulan bahwa antara ikhwan dan akhwat pada keseluruhan aspek menungkapakan secara umum, namun untuk aspek sikap dan opini diungkapkan secara detail dan askpek kepribadian lebih detail diungkapkan oleh akhwat, sedangkan ikhwan hanya secara umum. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Ta’aruf, Self-disclosure.
Makna Kepahlawanan Dalam Film Nasional Ibnu Rasyid; Aning Sofyan
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.921 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v1i1.107

Abstract

Abstrak. Film merupakan salah satu bagian dari media massa yang dari dulu hingga kini masih banyak diminati oleh berbagai kalangan. Film Foxtrot Six bekerjasama dengan garapan rumah produksi Hollywood, MD Pictures bekerja sama dengan Rapid Eye Picture. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Massa. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Paradigma konstruktivis memandang realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi terbentuk dari hasil konstruksi. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dimana makna denotasi, konotasi dan mitos akan peneliti cari disetiap scene dapat dilihat dari setiap adegannya serta dialognya. Kesimpulan yang didapat makna denotasi pada film Foxtrot Six ini adalah gambaran tentang seorang mantan anggota marinir bersama teman-temannya berjuang menyelamatkan Indonesia dari kemiskinan dan kepemimpinan sebuah partai politik yang korup dan jahat. Makna konotasi yang terlihat dalam film ini adalah dimana seseorang mantan anggota marinir yang dihadapkan dengan berbagai masalah dan rintangan dalam proses mencapai tujuan untuk membasmi kejahatan yang dilakukan elit politik sehingga dapat menyelamatkan masyarakat dari kemiskinan dan kesengsaraan.Mitos yang terdapat pada film ini seperti Ksatria yang berarti jadilah orang yang pemberani tidak takut apa yang sedang dihadapinya. Kata Kunci: Kepahlawanan, Foxtrot Six, semiotic Roland Barthes
Manajemen Komunikasi Event Organizer Virtual Muhammad Sodiq; Mochammad Rochim
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.639 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.173

Abstract

Abstact. This research is motivated by the continuity of event organizers in holding shows that cannot be done properly due to pandemic conditions and as a result they choose to be held in a virtual format. The new format, namely virtual, requires a different communication management because it is done with virtual communication media. This study will discuss the communication management carried out by the Jatiwangi Cup, namely bodybuilding and cultural arts performances carried out in a virtual format. The research method uses a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques that will be used are interview observations, and literature study. The results of the study were analyzed based on Koonts and O'Dannel's communication management theory which consisted of aspects of planning, organizing, staffing, leading, and controlling. The results of the study found that the Virtual Jatiwangi Cup carried out the communication management process by using virtual communication from the planning of the show to the execution of the show. The most applied aspects are planning, controlling, and leading aspects because non-proft event shows and voluntary membership can make the Jatiwangi Cup Virtual held from 2019 – 2021. The communication management process takes place by utilizing virtual communication media such as WhatsApp and Zoom. encountered in the process, namely the adaptation of members from a technical, concentration, and psychological point of view. The selection of virtual and the use of new media in the implementation of the show makes Jatiwangi Cup experience show innovation and bring regional values ​​to the show that can be known more widely and can compete with other cultures through the internet. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi keberlangsungan event organizer dalam menyelenggarakan pertunjukkan tidak bisa dilakukan semestinya karena kondisi pandemic dan alhasil memilih untuk diselenggarakan dalam format virtual. Format baru yaitu virtual diperlukan manajamen komunikasi yang berbeda karena dilakukan dengan media komunikasi virtual. Penelitian ini akan membahas manajamen komunikasi yang dilakukan Jatiwangi Cup yakitu pertunjukkan binaraga dan seni budaya yang dilaksanakan dalam format virtual. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu pengamatan wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan teori manajamen komunikasi Koonts dan O’Dannel yang terdiri dari aspek planning, organizing, staffing, leading, dan controlling. Hasil penelitian didapati bahwa Jatiwangi Cup Virtual menjalankan proses manajemen komunikasi tersebut dengan menggunakan komunikasi virtual dari perecenanaan pertunjukkan sampai pelaksanaan pertunjukkan. Aspek yang paling diterapkan yakni aspek planning, controlling, dan leading karena pertunjukkan acara yang non-proft dan keanggotaannya secara sukarela bisa membuat menggelar Jatiwangi Cup Virtual dari tahun 2019 – 2021. Proses manajemen komunikasi berlangsung dengan memanfaatkan media komunikasi virtual seperti WhatsApp dan Zoom, kendala yang ditemui dalam prosesnya yaitu adaptasi anggota dari segi teknis, konsentrasi, dan psikologis. Pemilihan virtual dan penggunaan media baru dalam pelaksanaan pertunjukkan membuat Jatiwangi Cup mengalami inovasi pertunjukkan dan membawa nilai-nilai kedaerahan pertunjukkan bisa diketahui lebih luas dan bisa bersaing dengan budaya lainnya melalui internet.
Kampanye Komunikasi Sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sebagai Program Masterpiece Lembaga Care For Humanity Melinda Syafira; Ike Junita Triwardhani
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.007 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.231

Abstract

Abstract. This Covid-19 pandemic has lasted for almost two years, which has been a tough year, and continues to haunt the lower middle class people in Indonesia, especially West Java, this situation is like a simalakama fruit, life is reuctant to die of not. So at this difficult time, Aksi Cepat Tanggap, especially in the West Java branch, is helping underprivileged communities with the Rice Waqf program which is processed from LBW or Waqf Rice Barns. This Waqf Rice is used to help people in West Java. This study uses a qualitative research method with a case study approach. This study also uses in-depth interview data collection techniques, involved observation, and documentation, in which the resource persons in this study are the Branch Manager of Aksi Cepat Tanggap Bandung, West Java and Staff of the Rapid Response Action Program Bandung, West Java. This research method was also used to collect data regarding the research. This results in actual and factual results. In this study, it was found that Aksi Cepat Tanggap Bandung, West Java branch has successfully implemented a social campaign for the Rice Waqf Program in which ACT Bandung West Java can Build public trust and carry out Brand Awareness so that in this program many donors trust ACT itself has a humanitarian fleet in the form of Rice Trucks Abstrak. Pandemi Covid-19 ini berlagsung hampir dua tahun, dimana menjadi tahun yang berat, dan terus menghantui masyarakat menegah kebawah di Indonesia terutama Jawa Barat, keadaan ini bak buah simalakama, hidup segan matipun tak mau. Sehingga pada saat yang sulit ini Aksi Cepat Tanggap terutama di cabang Jawa Barat membantu masyarakat prasejahtera dengan program Beras Wakaf yang merupakan hasil olahan dari LBW atau Lumbung Beras Wakaf. Beras Wakaf ini digunakan untuk membantu masyarakat di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi terlibat, dan dokumentasi, yang mana narasumber pada penelitian ini merupakan Branch Manager Aksi Cepat Tanggap Bandung Jawa Barat dan Staff Program Aksi Cepat Tanggap Bandung Jawa Barat Metode penelitian ini pun digunakan untuk mengumpulkan data-data mengenai penelitian ini sehingga mendapatkan hasil-hasil yang aktual dan faktual. Pada penelitian ini mendapatkan bahwa Aksi Cepat Tanggap cabang Bandung Jawa Barat berhasil melaksanakan kampanye sosial Program Beras Wakaf yang mana pada program ini ACT Bandung Jawa Barat dapat membangun kepercayaan publik dan melakukan Brand Awareness sehingga dalam program ini banyak donatur yang mempercayai ACT Bandung Jawa Barat sebagai wadah penglolaan hasil galang dana, pun ACT sendiri memiliki armada kemanusiaan berupa Rice Truck.
Digital Marketing Samagaha Outdoor Melalui Instagram: Studi kasus pada Instagram Samagaha_Outdoor Ridwan Al Iman; Yulianti
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.294 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.277

Abstract

Abstract. As a company that provides outdoor needs, Samagaha outdoor has a unique way of marketing its products by giving discounts every day for the various products they offer. This uniqueness makes the writer interested in knowing Samagaha Outdoor digital marketing. This research uses a qualitative method with a case study approach. In this study, the authors used three data collection techniques, namely interviews, observation and literature study. The technique of checking the validity of the data used in this study is the source triangulation technique with the key informant of the head office, marcom, and content creator. The supporting informants in this study were two Samagaha Instagram followers and two Samagaha consumers. The results of this study are 1. In digital marketing, Samagaha has a pattern by first providing review content in the form of videos and photos about the products they sell. 2. In determining the price for the products they will sell, Samagaha first calculates the cost of producing the goods they make through vendors with the formula used, namely 1:1 or 1: . For discounts, Samagaha does not set a standard how many percent they will give, but immediately makes a price discount. 3. Samagaha Outdoor uses Instagram as their promotional medium because Instagram has a great influence on promotion. With more than 200k followers, Samagaha is able to market products according to their planned target market. 4. The reason there are always discounts for various Samagaha Outdoor products is to build a positive image to consumers by always providing discounts so that prices become more affordable and the market is wider. Abstrak. Sebagai perusahaan yang menyediakan kebutuhan luar ruangan, Samagaha outdoor memiliki cara unik untuk memasarkan produknya yaitu dengan memberikan diskon setiap hari untuk berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Keunikan itulah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui digital marketing Samagaha Outdoor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Triangulasi sumber dengan key informant kepala kantor, marcom, dan content creator. Informan pendukung pada penelitian ini adalah dua orang followers instagram Samagaha dan dua orang konsumen Samagaha. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Dalam digital marketingnya Samagaha memiliki pola dengan cara terlebih dahulu memberikan konten review berupa video dan foto mengenai produk yang mereka jual. 2. Dalam menentukan harga untuk produk yang akan mereka jual, Samagaha terlebih dahulu menghitung biaya produksi barang yang mereka buat melalui vendor dengan rumus yang digunakan yaitu 1:1 atau 1: ½. Untuk penentuan diskon, Samagaha tidak mematok secara baku berapa persen yang akan mereka berikan, tetapi langsung melakukan potongan harga. 3. Samagaha Outdoor menggunakan instagram sebagai media promosi mereka dikarenakan instagram memiliki pengaruh yang besar untuk promosi. Dengan followers sebanyak lebih dari 200k Samagaha mampu memasarkan produknya sesuai dengan target pasar yang mereka rencanakan. 4. Alasan selalu ada diskon untuk berbagai produk Samagaha Outdoor adalah untuk membangun citra yang positif kepada konsumennya dengan selalu memberikan diskon sehingga harga menjadi lebih terjangkau dan pasar semakin luas.
Manajemen Media Penyiaran Televisi Swasta Lokal dalam Memproduksi Program Informatif Araaf Azhari Denny; Indri Rachmawati
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.576 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.287

Abstract

Abstract. The presence of local television has an important role in fulfilling the need for information about events occurring in the local area. The existence of local television can show regional culture as well as local events by touching the real life of the local community. So that local television can represent the cultural identity of the local community with cultural content and identity based on local wisdom. I News TV Bandung, a local television based on I News TV Jakarta, which is given the authority to broadcast information with local nuances. This paper aims to describe the management of local television media in producing informative programs on a case study of media management strategy I News TV Bandung. The research method used is descriptive qualitative, with a focus on the management of television broadcasting media I News TV Bandung. The research method used is a qualitative research method with a case study approach with data analysis techniques using the broadcast management strategy theory proposed by Peter K Pringle. The data was collected by conducting interviews, observing and documenting related matters. The data that has been collected will be analyzed by reducing the data, presenting the data and finally drawing conclusions. Abstrak. Kehadiran televisi lokal memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di daerah lokal. Keberadaan televisi lokal dapat menampilkan budaya daerah serta peristiwa lokal dengan menyentuh kehidupan nyata masyarakat setempat. Sehingga televisi lokal dapat merepresentasikan identitas budaya masyarakat daerah dengan muatan budaya dan identitas yang berbasis kearifan lokal. I News TV Bandung, televisi lokal yang berpusat di I News TV Jakarta, yang diberi kewenangan untuk menyiarkan informasi bernuansa lokal. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen media televisi lokal dalam memproduki program informatif pada studi kasus strategi manajemen media I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada manajemen media penyiaran televisi I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data menggunakan teori strategi manajemen siaran program yang dikemukakan oleh Peter K Pringle. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap hal terkait. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan pada akhirnya menarik kesimpulannya. Kata kunci: Teori Strategi Manajemen Program, Televisi, Televisi Lokal, Manajemen media penyiaran, Kota Bandung
Pengaruh Komunikasi Verbal Catcalling terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswi: studi regresi dampak catcalling pada mahasiswi fikom unisba 2018 Geza Alkautsar; Zulfebriges
Bandung Conference Series: Communication Management Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.679 KB) | DOI: 10.29313/bcscm.v2i1.292

Abstract

Abstract. One of the criminal cases that often occurs in Indonesia is sexual harassment, a case of sexual harassment that often occurs, namely Catcalling. This happens a lot and is considered normal by the Indonesian people. But many people have not been educated about the effects of catcalling on victims. This research uses quantitative methods and uses a questionnaire to obtain information. Verbal communication is a process in which an individual as a communicator delivers stimulants which are usually verbal to change the behavior of others. And verbal crimes can cause victims to lose control, lower their self-esteem, and change their behavior. Verbal catcalling crimes can affect the victim's psyche and also create objective, neurotic, and moral anxiety. Abstrak. Salah satu kasus kriminalitas yang sering terjadi di Indonesia adalah pelecehan seksual, kasus pelecehan seksual yang sering terjadi yaitu Catcalling. hal ini banyak terjadi dan dianggap lumrah oleh masyarakat Indonesia. Tetapi banyak masyarakat yang belum ter edukasi tentang pengaruh catcalling bagi para korban. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan angket atau kuesioner untuk mendapatkan informasi. Komunikasi verbal yaitu sebuah proses dimana seorang individu sebagai komunikator menyampaikan stimulan yang biasanya verbal untuk mengubah perilaku orang lainya. Dan kejahatan verbal bisa membuat korban menjadi hilang kontrol, menurunkan harga diri, dan mengubah perilaku korban. Kejahatan verbal catcalling bisa mempengaruhi psikis korban dan juga membuat kecemasan obyektif, neurotis, maupun moral.

Page 1 of 31 | Total Record : 302