Bandung Conference Series: Communication Management
Vol. 2 No. 1 (2022): Bandung Conference Series: Communication Management

Penggunaan Instagram Sebagai Media Dalam Membangun Hubungan Radio dengan Khalayak

Raymond Aufardo Yuris Soesatyo (Ilmu Komunikasi)
Dede Lilis Chaerowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Abstract. At this time the development of technology, especially in communication and information is very fast. Based on these developments, there is a new media or new media that has more capabilities than previously existing media, one of these media is Instagram. This has an impact on conventional media such as television and radio, which have begun to shift their existence in society. According to a Nielsen survey, the number of radio media users is 20% of radio in Indonesia, which is below the number of internet users, which is 33%. Therefore, various TV stations and radio stations are competing to improve relationships with their audiences using Instagram. This study aims to find out how to improve the relationship between conventional media and their audiences in modern times, then to find out the innovations made by conventional media using modern media, and finally to find out the efforts of conventional media to maintain their current existence. The subject of this research is the Account Executive and Producer of Iradio Bandung along with one operator which in this study was determined based on purposive sampling. The theory used is social media theory, this research method uses qualitative research methods with the constructivism paradigm with a case study approach, data collection is obtained by means of observation, interviews, literature studies, internet and documentation as well as testing the validity of data in qualitative research including credibility testing, transferability, dependence, and confirmation to analyze the results of Iradio Bandung activities through data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and testing the validity of data through Source Triangulation techniques in their activities of managing Instagram in order to build relationships with audiences through Social Media. Abstrak. Pada saat ini perkembangan teknologi khususnya pada komunikasi dan informasi sangatlah cepat. Berdasarkan perkembangan tersebut hadirlah suatu media baru atau new media yang mempunyai kemampuan lebih dari media yang sebelumnya sudah ada, salah satu media tersebut adalah Instagram. Hal ini berdampak pada media-media konvensional seperti televisi dan radio yang mulai tergeserkan keberadaanya di masyarakat. Menurut survey Nielsen jumlah pengguna media radio adalah radio 20% di Indonesia dengan berada dibawah jumlah pengguna internet yakni 33%. Maka dari itu berbagai stasiun tv dan stasiun radio sedang bersaing untuk meningkatkan hubungan dengan khalayaknya menggunakan Instagram. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui meningkatkan suatu hubungan antara media konvensional dengan khalayaknya pada zaman modern sekarang ini, kemudian untuk mengetahui inovasi yang dibuat oleh media konvensional dengan menggunakan media modern, dan terakhir untuk mengetahui upaya dari media konvensional dalam mempertahankan keberadaannya saat ini. Subjek penelitian ini adalah Bagian Account Excecutive dan Produser Iradio Bandung beserta satu orang Operatornya yang pada penelitian ini ditentukan berdasarkan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori media sosial, metode peneitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan paradigrma Konstruktivisme dengan pendekatan Studi Kasus, Pengumpulan data yang diperloh dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, internet dan dokumentasi serta uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, ketergantungan, dan konfirmasi untuk menganalisis hasil dari aktivitas Iradio Bandung melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan melalukan uji keabsahan data melalui teknik Triangulasi Sumber dalam aktivitasnya menggelola Instagram guna membangun hubungan dengan khalayak melalui Media Sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BCSCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content ...