Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 9, No 2 (2022): Agustus

Konsep Dasar Supervisi Pendidikan

Alvin Fahmi Addini (Universitas Negeri Malang)
Arumia Fairuz Husna (Unknown)
Beatric Alfira Damayanti (Unknown)
Bety Istif Fani (Unknown)
Churi Wardah Nihayati Wardah Nihayati (Unknown)
Damateja Andika Daniswara (Unknown)
Desi Fitri Susanti (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Rochmawati Rochmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia dapat datas dengan melakukan supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan merupakan suatu proses bantuan maupun dukungan yang diberikan kepada guru dalam mengembangkan kemampuannya yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan maupun kreatifitas dalam mengajar dan komitmen atau motivasi sebagai seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan konsep dasar supervisi pendidikan yang meliputi (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, dan (3) tujuan supervisi pendidikan. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literasi. Setelah mengumpulkan data, data direduksi, disimpulkan dan kemudian disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, beberapa di antaranya yaitu prinsip ilmiah, demokratis, kerja sama, konstruktif, dan kreatif, (3) tujuan supervisi, serta (4) fungsi supervisi pendidikan yang memberikan bantuan pada guru untuk meningkatkan profesionalismenya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...