JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 3 (2022)

PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN EMPATI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA SISWA DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Nurul Hidayati (MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung, Indonesia)
Nik Haryanti (IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Remaja sebagai fase dalam meningkatkan kebutuhan prososial. Remaja diharapkan dapat berkembang kepribadiannya sesuai dengan nilai etika dan moral. Namun, pada kenyataannya di Indonesia mengalami perubahan sosial yang berkembang pesat menjadi masyarakat modern yang telah berubah pula norma-norma, nilai dan gaya hidupnya. Remaja yang terjaga dengan ketat oleh tradisi, nilai tradisional telah mengalami pengikisan yang disebabkan era industrialisasi yang kian cepat. Peneliti merasa penting untuk mengetahui salah satu penyebab remaja mempunyai perilaku prososial yang dipengaruhi oleh kelekatan orang tua, hal ini karena empati membuat anak mampu menghargai orang lain dan mengimplementasikannya dengan perilaku prososial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelekatan orang tua terhadap prososial dan empati sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah Siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung sebanyak 100 responden. Analisa data untuk menguji hipotesa menggunakan analisis model Hayes dengan bantuan SPSS versi 22.00 yang sudah diinstal dengan process macro. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh secara langsung kelekatan orang tua terhadap empati, artinya semakin tinggi kelekatan orang tua semakin tinggi pula empati yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh secara langsung empati terhadap prososial artinya semakin tinggi empati, maka semakin tinggi pula prososial yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Empati tidak memediasi pengaruh kelekatan orang tua terhadap perilaku prososial dibuktikan dari hasil analisis int_1 memiliki p-value sebesar 0,2122 > 0,05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...