Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PADA TEMA 9 SISWA KELAS V SD NEGERI 62 BUTON

Suhirnan Suhirnan (Universitas Halu Oleo)
Muhamad Abas (Universitas Halu Oleo)
Sarnely Uge (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Interaktif terhadap Pemahaman Konsep IPS pada Tema 9 Siswa Kelas 5 SD Negeri 62 Buton. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5 yang berjumlah 21 orang siswa, yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu penentuan sampel disesuaikan dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes yaitu  pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) setelah adanya perlakuan berdasarkan indikator pemahaman konsep berupa tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretest sebesar 42,62, meningkat menjadi nilai rata-rata posttest sebesar 77,76. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu thitung diperoleh sebesar 12,631 > ttabel 2,086, yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media interaktif pada tema 9 benda-benda di sekitar kita. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri 62 Buton.Kata Kunci: Media interaktif; Pemahaman konsep IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...