Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

PENERAPAN MODEL KOPERATIF TEKNIK PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WATOPUTE

Yusniawati Yusniawati (Universitas Halu Oleo)
La Rabani (Universitas Halu Oleo)
Mansyur M (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik paired story telling pada materi cerita fiksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute, jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil analisis keterampilan bercerita siswa pada siklus I terdapat 17 orang siswa yang telah mencapai nilai ≥ 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 68% dan terdapat 8 orang siswa atau 32% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 73,64. Siklus II terdapat 22 siswa telah mencapai nilai ≥ 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 88% dan terdapat 3 orang siswa atau 12% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata yaitu 83,84. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif teknik paired story telling meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 1 Watopute pada materi cerita fiksi.Kata Kunci:  teknik paired story telling; keterampilan bercerita

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...