Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2022)

ANALISIS EVALUASI AUTENTIK GURU KELAS IV DI SD NEGERI 63 KENDARI PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU

Andi Wahyuni Ramli (Universitas Halu Oleo)
I Ketut Suardika (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis evaluasi autentik guru kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari pada tema 7 indahnya keragaman negeriku. Penelitian ini memperoleh data dengan cara observasi menggunakan lembar observasi, wawancara menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi dari dokumen guru. Data yang diperoleh dibandingkan dengan standar evaluasiĀ  dengan menerapkan model evaluasi stake. Hasil evaluasi kemudian dianalisis melalui 3 tahapan analisis yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan evaluasi autentik Tema 7 indahnya keragaman di negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 63 Kendari memperoleh persentase sebesar 70,27% dengan kategori baik. Jika diuraikan pada tahap awal (perencanaan) memperoleh hasil persentase 65,83%, tahap proses (pelaksanaan) memperoleh hasil persentase 65,8%, dan tahapĀ  akhir (manajemen hasil) memperoleh hasil 79,17%. Masih terdapat beberapa standar evaluasi yang harus diperbaiki agar proses evaluasi autentik dapat berjalan sesuai dengan standar pendidikan.Kata Kunci: evaluasi autentik; indahnya keragaman di negeriku

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...