Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Vol 4 No 3 (2022): Jurnal BELAINDIKA

Peran Supervisi Terhadap Prestasi Peserta Didik

Utomo (Universitas Nusa Putra)
Neng Juwita Albela (Universitas Nusa Putra)
Pariz Alparuq (Universitas Nusa Putra)
Zuliana Dwi Takari (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Setiap negara sangatlah memerlukan pendidikan dalam menunjang kemajuannya. Pendidikan merupakan sarana dalam rangka memajukan kualitas seseorang. Pendidikan tersebut harus berjalan dengan baik, salah satu cara meningkatkan prestasi peserta dalam menjlankan Pendidikan yaitu dengan adnya supervisi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peran supervisi terhadap prestasi peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah literatur review dengan mencari banyak kajian penelitian dan referensi yang bersumber di internet. Sumber data adalah dengan menggunakan kajian literatur dan analisis video pelaksanaan kegiatan supervisi di sekolah. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa peran supervisi guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik karena dengan pemahaman guru yang berkompeten dari pengelolaan Pendidikan maka kinerja guru dapat maksimal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

belaindika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...