JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics)
Vol 5 No 3 (2022): November 2022

Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Ayo Belajar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Web

Julia Purnama Sari (Universitas Bengkulu)
Nurul Renaningtias (Universitas Bengkulu)
Nabilah Ghinanti Suci (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah mempengaruhi banyak bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu wujud realitanya adalah pemanfaatan internet untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Saat ini, sebagian besar TK dan PAUD di Provinsi Bengkulu dalam melaksanakan proses pembelajaran masih menggunakan media buku panduan pembelajaran atau papan tulis. Penggunaan metode pembelajaran tersebut kurang berpengaruh terhadap siswa. Faktor penyebabnya karena dalam penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik, kurang interaktif, penyampaian materi yang menoton, siswa yang tidak memperhatikan pada saat proses belajar, dan lain-lain. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi media pembelajaran Ayo Belajar berbasis web sebagai inovasi baru dalam menerapkan media pembelajaran yang bisa membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga bisa membangkitkan motivasi belajar siswa serta membantu proses belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengunakan Model air terjun (waterfall). Hasil pengujian pre-test dan post-test menggunakan Uji-t yaitu Paired Sample t-Test diperoleh t(table)= 2.015,nilai t(hit)=11,79 pada soal hewan,nilai t(hit)=11,52 pada soal buah-buahan. Berdasarkan (hit) > (tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi media pembelajaran Ayo Belajar terhadap aspek pemahaman anak PAUD/TK tentang materi pembelajaran hewan dan buah-buahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSAI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal terbitan dibawah fakultas teknik universitas muhammadiyah bengkulu. Pada jurnal ini akan membahas tema tentag Mobile, Animasi, Computer Vision, dan Networking yang merupakan jurnal berbasis science pada informatika, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi metode dan atau ...