Jurnal Menssana
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal MensSana

Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Pendidikan Jasmani: Pembelajaran Hybrid Solusinya?

Hari Wisnu (Universitas Negeri Surabaya)
Taufiq Hidayat (Universitas Negeri Surabaya)
Heryanto Nur Muhammad (Universitas Negeri Surabaya)
Sapto Spto Wibowo (Universitas Negeri Surabaya)
Mochamad Ridwan (Universitas Negeri Surabaya)
Edi Setiawan (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Penurunan motivasi siswa dalam belajar pendidikan jasmani di era saat ini menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran hybrid terhadap motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen dan desain One-Shot Case Study. Subyek dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas VIII-C SMP Negeri 20 Surabaya dan teknik untuk penentuan sampel menggunakan total sampling, sehingga terpilih 44 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas melalui Shapiro-Wilk. Wilcoxon untuk menguji perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran hybrid. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan motivasi siswa dikarenakan efek dari pembelajaran hybrid dalam pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran hybrid dapat menjadi solusi bagi guru pendidikan jasmani sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga. ...