Indonesian Journal of Community Services
Vol 4, No 2 (2022): November 2022

Customer Relationship Management Berbasis Digital pada UMKM di Desa Tengguli, Bangsri, Kabupaten Jepara

Khoirya Latifah (Universitas PGRI Semarang)
Rahmat Robi Waliyansyah (Universitas PGRI Semarang)
Nugroho Dwi Saputro (Universitas PGRI Semarang)
Mega Novita (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia. Saat ini pemerentah melalui visi Presiden Jokowi sedang mencanangkan program UMKM GO Digital. Rata-rata UMKM di Desa Trengguli Bangsri Jepara saat ini masih menggunakan cara-cara yang tradisonal dalam melakukan pemasaran, penjualan dan promosi sehingga hasil yang diperoleh kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Tim Pengabdi memberikan pelatihan CRM E-Commerce untuk melatih softskill dan hardskill UMKM dalam mengembangkan inovasi digitalisasi UMKM sehingga mampu menguatkan pemasaran, penjualan dan promosi. Melalui pelatihan Customer Relationship Management (CRM) UMKM diharapkan mempunyai strategi bisnis dan pemasaran serta mampu menciptakan dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan dan mengurangi kemungkinan pelanggan pindah ke kompetitor lain serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Hasil dari pelatihan ini berupa peningkatan hardskill dan softskill UMKM dalam membuat fitur CRM untuk UMKM antara lain adalah mengelola data pelangan, promosi produk-produk data penjualan dan pengelolaan layanan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan customer dan mengelola review produk dari pelanggan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan customer. Dengan beberapa fitur CRM tersebut maka diharapkan akan terjadi peningkatan dan penguatan pemasaran UMKM di Desa Bangsi Jepara. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan dan skill peserta dalam pelatihan ini mencapai 0.58 yang artinya adalah peningkatan yang bagus. Setiap peserta pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan pengetahuan dan skill mereka dalam melakukan penjualan online.MSMEs are the backbone of the economy in Indonesia. Currently, the government, through President Jokowi's vision, is launching the MSMEs GO Digital program. The average, MSMEs in Trengguli Bangsri Jepara Village are currently still using traditional methods of marketing, selling and promotion so that the results not optimal. One of the innovations is through marketing technology using E-Commerce CRM model. Customer Relationship Management (CRM) is a marketing strategy to create and maintain good relationships with customers and reduce the possibility of customers moving to other competitors. MSMEs must implement a business strategy to improve service to customers in order to add new customers by providing different services to pamper their customers. The features of this CRM for MSMEs include managing customer data, promoting product sales data and managing customer service which is used to store customer inquiries and manage product reviews from customers to create good relationships with customers. The increase in the average value of the abilities and sklills of participant in this training reached 0.58 which means a good increase. With some of these CRM features, it is hoped that there will be an increase and strengthening of MSMEs marketing in Bangsi Village, Jepara. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijocs

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Community Services (e-ISSN: 2684-8619) is a biannual scientific multidisciplinary journal published by UNISSULA Press, Department of Research and Community Services Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia. It is in the national level that covers a lot of common ...