JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi

Nurjumiati Nurjumiati (STKIP Taman Siswa Bima)
Syahriani Yulianci (STKIP Taman Siswa Bima)
Asriyadin Asriyadin (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Siswa yang mempelajari fisika harusnya mampu melakukan pemodelan matematis dan memahami bahasa simbolik fisika. Oleh karena itu perlunya mengimplementasikan model pembelajaran yang mengarah dan mampu mengasah keterampilan tersebut. Salah satunya adalah model inquiry berbasis literasi numerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji model inquiry terbimbing berorientasi literasi numerasi dalam meningkatkan kemampuan pemodelan matematis dan bahasa simbolik fisika siswa. Penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang ada di kabupaten bima. Subjek penelitian berjumlah 70 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 35 siswa kelompok kontrol dan 35 siswa kelompok eksperimen. Subjek penelitian diperoleh melalui purposive sampling. Tahapan penelitian antara lain memberikan pretest pada kedua kelompok, kemudian melakukan proses pembelajaran untuk kelas eksperimen menggunakan model inquiry berorientasi literasi numerasi sedangkan kelompok kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk essay untuk memperoleh data kemampuan pemodelan matematis dan bahasa simbolik fisika siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Berdasrkan hasil analisis data, maka diperoleh nilai peningkatan untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,66% dan 0,53%. Sehingga dari data ini dapat disimpulkan bahwa model inquiry berorientasi literasi numerasi dapat meningkatkan kemampuan pemodelan matematis dan bahasa simbolik fisika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...