Source: Jurnal Ilmu Komunikasi
Source : Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 8 Nomor 2 Oktober 2022

KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM MENERIMA BERITA HOAX

Rizky Amalia Syahrani (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur)
Kheyene Molekandella Boer (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Informasi di era digital menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Ruang digital memberikan ruang bagi lalu lintas informasi yang tinggi, sehingga rentan dengan keberadaan informasi yang tak jelas sumbernya cenderung provokatif misalnya hoax. Kegiatan literasi diperlukan untuk berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Terutama di Kalimantan Timur kondisi kegiatan literasi masih minim dilakukan sehingga tidak diiringin dengan kemampuan literasi public.Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pengambilan informan menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah enam informan mahasiswa dari tiga kampus berbeda.Hasil penelitian menggunakan dua konsep literasi yaitu critical understanding dan community abilities. Critical understanding yang ditemukan adalah mayoritas informan sudah memiliki kemampuan berfikir keritis saat menerima informasi yang mencurigai. Caranya adalah dengan melakukan pembanding dengan sumber berita lainya. Sedangkan communities abilities yang ditemukan adalah mayoritas informan aktif mendiskusikan, mengedukasi lingkungan terdekat mereka tentang cara mengidentifikasi hoax.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsource

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

SOURCE is an open access, and peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various contemporary social and political issues: media and journalism, new media and communication technologies, cultural communications, public ...