MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 8, No 1 (2022): Edisi Oktober

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERA GURU DI SMK BUDDHIST MANJUSRI

Aulia Christina Sinaga (Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan)
Enjel Oktaviany Simanjuntak (Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan)
Rosvina Sari Siburian (Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan)
Aman Simaremare (Dosen Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan)
Ibnu Hajar (Dosen Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Gaya kepemimpinan seseorang dalam suatu organisasi akan menentukan efisiensi dan kinerja organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Buddhist Manjusri. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa deskriptif analitis yang membandingkan antara kajian pustaka dengan kenyataan dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Buddhist Manjusri, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kinerja guru di sekolah yang sama. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan angket dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati variabel-variabel penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian diidentifikasi dan dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Buddhist Manjusri yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru adalah degan memerapkan gaya kepemimpinan partisipasi.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...