MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 8, No 1 (2022): Edisi Oktober

ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MENGGUNAKAN TWO WAY ANOVA

Siti Fatimah Sihotang (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Mata kuliah Matematika merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang wajib diambil oleh mahasiswa yang baru masuk pada awal semester. Hal tersebut dikarenakan ilmu matematika memiliki peranan penting untuk dipahami. Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memahami mata kuliah ini. Banyak mahasiswa yang mengeluh dan sulit memahami topik yang sedang dipelajari. Tentu hal ini menjadi masalah serius jika tidak segera diatasi. Dilihat dari permasalahan tersebut, peneliti selaku dosen perlu melakukan perbaikan dalam hal metode pembelajaran untuk semua kelas yang diampu. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi yang signifikan antara perbaikan metode pembelajaran yang dilakukan di kelas dalam pengaruhnya terhadap hasil tes berupa peningkatan skor statistik dan probabilitas mahasiswa di kelas. Metode penelitian menggunakan prinsip analisis Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian terhadap tiga puluh sampel mahasiswa yang diambil dari berbagai kelas, diketahui bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara peningkatan metode pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Dengan kata lain, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam proses pembelajaran, diperlukan suatu model yang dapat memudahkan mahasiswa untuk berinisiatif belajar untuk menciptakan kemauan bersama selama proses pembelajaran. Akibatnya, setiap model pembelajaran membutuhkan sistem manajemen dan lingkungan belajar yang berbeda yang berlaku untuk berbagai jadwal kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...