Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 2 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19

Muhammad Razfy (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Trisna Roy Pradipta (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 283 Jakarta. Subjek penelitian yaitu berjumlah 36 peserta didik yang dikelompokkan lagi menjadi 3 peserta didik pada masing-masing kriteria self confidence yang dipilih menggunakan teknik proposive sampling berdasarkan self confidence yang dimiliki untuk dianalisis kemampuan berpikir kritis matematisnya. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket self confidence, tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dengan self confidence tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Peserta didik dengan self confidence sedang mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu analisis, evaluasi, inferensi. Peserta didik dengan self confidence rendah mampu memenuhi 1 indikator indikator kemampuan berpikir kritis yaitu analisis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...