Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 6 No 1 (2022): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu

Yohanis Padallingan (Unknown)
Reni lolotandung (Unknown)
Topanus Tulak (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kaya Negeriku Di SDN 4 Tallunglipu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu melalui model pembelajarn inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Tallunglipu, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik angket dalam motivasi belajar pada akhir siklus I dan Siklus II serta data hasil Observasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode inkuiri menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 43,48% atau 10 siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 65,22% dan mencapai angka 91,30% dari 75% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...