Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 11, No 2 (2022)

KESULITAN SISWA TK AL-AFLAH DALAM MEMBACA PERMULAAN TERKAIT MEDIA FLIPCHART DAN FLASHCARD

Rahmawati Rahmawati (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Theresia Evy Yulianty Nadaek (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kesulitan siswa TK AL-AFLAH dalam membaca permulaan terkait media pembelajaran flipchart dan flashcard. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa TK ALAFLAH, dengan jumlah responden yang terkumpul sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan survey dengan instrumen angket tertutup dan angket terbuka. Analisis data menggunakan statistik deskriftif, pada tahapan analisis data, peneliti mengumpulkan data dengan Google Form, tabulasi data, penyajian data, interprestasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa intensitas membaca siswa TK AL-AFLAH masih tergolong rendah, motivasi siswa TK AL-AFLAH dalam membaca dapat dikategorikan masih kurang, para siswa TK AL-AFLAH masih memiliki waktu luang untuk membaca, tingkat pemahaman siswa TK AL-AFLAH terhadap konsep membaca permulaan dengan media pembelajaran flipchart dan flashcard sangat rendah, serta intensitas siswa dalam mengikuti pelatihan membaca permulaan dengan media pembelajaran flipchart dan flashcard masih sangat rendah. Terdapat tiga faktor utama yang menghambat siswa TK AL-AFLAH dalam membaca, yaitu kurangnya pemahaman tentang konsep membaca, kurangnya motivasi, dan rendahnya intensitas membaca.Kata kunci: Membaca Permulaan, Media Pembelajaran, flipchart, dan flashcard

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...