JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 7, No 1 (2022): September 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Yanty Maria Rosmauli Marbun (Universitas HKBP Nommensen)
Rianita Simamora (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian regresi dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan mengambil satu kelas sebagai sampel melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh postif dan signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa, dengan perolehan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,8017, dan Hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 4,71.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...