Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK)
Vol 4 No 1 (2022): October

EDUKASI UNTUK PERAWAT RUMAH SAKIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN PELAKSANAAN PERENCANAAN PULANG (DISCHARGE PLANNING)

Chrisnawati Chrisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Perencanaan pulang bertujuan mengidentifikasi kebutuhan spesifik pasien agar perawat dapat memberikan pelayanan terbaik sehingga menjamin keberlanjutan asuhan keperawatan yang berkualitas serta mempertahankan atau mencapai fungsi maksimal setelah pulang. Hasil studi sebelumnya tentang gambaran kepatuhan perawat dalam pelaksanaan discharge planning di ruang rawat inap rumah sakit Suaka Insan kota Banjarmasin diperoleh hasil tidak patuh lebih banyak yaitu 31 orang (67,4%) dibandingkan dengan yang patuh yaitu 15 orang (32,6%). Studi pendahuluan melalui observasi didapatkan bahwa format discharge planning yang terdiri dari resume keperawatan yang berisi hal-hal yang perlu diperhatikan pasien setelah pulang format tidak diisi lengkap dan tidak ada tanda tangan perawat serta pasien atau keluarga. Berdasarkan masalah tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah edukasi dan penyebaran informasi kembali dalam bentuk sosialisasi pentingnya kepatuhan dalam pelaksanaan kegiatan discharge Planing kepada perawat di rumah sakit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmk

Publisher

Subject

Description

JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda, which is published twice a year in October and April that contains scientific articles on community service in the fields of health, social, politics, ...