Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi

Nurlailatul Qiram (Universitas Negeri Jakarta)
Ellis Salsabila (Universitas Negeri Jakarta)
Qorry Meidianingsih (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.G dan VIII.I SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal uraian materi lingkaran untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 10 pernyataan angket untuk mengukur self-esteem siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil pengujian hipotesis dengan ANOVA Dua Arah menggunakan , dapat disimpulkan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to ...