Educandum Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Educandum

PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI SULAWESI TENGAH

Khaerun Nisa (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Muhlis Muhlis (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret pendidikan moderasi beragama di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, meliputi dukungan pemerintah, peran guru dan inovasi media pembelajaran. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam rangka pengarusutamaan moderasi beragama dalam dunia pendidikan, kehadiran Kemenag Kabupaten Sigi telah melaksanakan diklat subtantif moderasi beragama bagi para guru madrasah. Guru sebagai tombak terakhir dalam pengarusutamaan moderasi beragama kepada peserta didik. Guru menggunakan berbagai jenis media pembelajaran kreatif dengan tetap mempertimbangkan kondisi peserta didik, khususnya dalam situasi pandemi covid-19, agar nilai-nilai moderasi beragama tidak hanya sekadar sending kepada peserta didik, tetapi juga delivered. Adapun media kreatif dalam rangka inovasi pembelajaran moderasi beragama di Kabupaten Sigi yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis radio di SD Bolapapu Kulawi pada mata pelajaran agama Kristen, google classroom di MA Biromaru, dimana guru akidah akhlak dan guru yang mengampu mata pelajaran umum menginjeksikan nilai-nilai moderasi beragama melalui video pada google classroom yang memuat nilai toleransi dan anti kekerasan. Serta media pembelajaran pohon kebaikan dan board game untuk menanamkan nilai-nilai kasih pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di SD Bala Keselamatan Watubula. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, penyelenggaraan diklat subtantif serta teknis moderasi beragama oleh kemenag Sigi perlu dilakukan secara kontinyu dan komprehensif kepada para guru madrasah maupun guru agama binaan kemenag di sekolah umum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educandum

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Lingkup jurnal Lektur Keagamaan meliputi 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan ...