JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 1 (2022)

Analisis Kesalahan Konseptual Siswa SD Negeri Purworejo dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan

Vina Damayanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Mujiyem Sapti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Rintis Rizkia Pangestika (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa SD Negeri Purworejo dalam menyelesaikan soal cerita perkalian pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Purworejo kelas V tahun pelajaran 2021/2022 yang mempunyai nilai ulangan harian yang rendah dengan materi perkalian pecahan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada nilai ulangan materi pecahan terendah. Subjek yang diambil 6 siswa yaitu 2 laki-laki dan 4 perempuan. Pengumpulan data menggunakan soal materi perkalian pecahan dan lembar wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Analisis data yang digunakan yaitu Epoche yang dinamis, transkrip wawancara, dan analisis transkrip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 subjek telah melakukan kesalahan konseptual yaitu 1) tidak menentukan tujuan soal, 2) tidak dapat menuliskan rumus dengan benar, dan 3) tidak dapat menghubungkan fakta-fakta yang ada pada soal. Kata Kunci : kesalahan konseptual, Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...