Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 12, No 1 (2022): Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Arip Saryadi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian terbaru berkaitan dengan manajemen kurikulum di masa pembelajaran online  dimasa pandemi covid19i. Selain dari itu penelitian ini juga mengambil variabel motivasi belajar siswa pada masa pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh manajemen kurikulum terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran online di masa pandemi covid 19. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa/siswi kelas X terhadap manajemen kurikulum SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan tahun pelajaran 2020/2021 masuk dalam kategori sedang dengan ditunjukkan rata-rata 30,83 sebanyak 33 siswa atau 51,6%. Sedangkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online masuk dalam kategori sedang dengan ditunjukkan rata-rata 32.36 25 siswa atau 39,0%, dan manajemen kurikulum berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran secara online dengan dibuktikan nilai koefisiensi 0,000 lebih kecil dari 0,05. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

adara

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islamis a periodic scientific journal published by the Islamic Education Management Study Program (MPI) Tarbiyah Department Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. This journal focuses on the study of the science of Islamic education management. The editorial ...