JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Pemanfaatan e-learning moodle berbasis lesson study for learning community untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa

Lastama Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Lusdiana Saragih (SMP Methodist 8 Medan)
Lisda Raida Manurung (SMP Methodist 8 Medan)
Lasma Novia Panjaitan (SMP Methodist 8 Medan)
Golaren Purba (SMP Methodist 8 Medan)
Ripe Oloan Hutapea (SMP Methodist 8 Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam memanfaatkan e-learning moodle berbasis lesson study for learning community pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX-1 dengan jumlah 29 siswa pada materi pewarisan sifat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 3,0 dengan kriteria aktif dan pada siklus II adalah 3,5 dengan kriteria sangat aktif. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian berhasil karena adanya peningkatan rata-rata skor tiap indikator aktivitas belajar siswa. Persentase peningkatan aktivitas belajar rata-rata sebesar 14,25%. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dengan memanfaatkan e-learning moodle berbasis lesson study for learning community di SMP Methodist 8 Medan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...