GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 6, No 3 (2022): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Implementasi LSLC untuk Meningkatkan Kecakapan Guru IPA dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis 4C di Kecamatan Selakau

Ira Nofita Sari (IKIP PGRI Pontianak)
Nurussaniah Nurussaniah (IKIP PGRI Pontianak)
Dedi Irwan (IKIP PGRI Pontianak)
Muhammad Iqbal Ripo Putra (IKIP PGRI Pontianak)
Afina Afina (IKIP PGRI Pontianak)
Siti Umaya Sari (IKIP PGRI Pontianak)
Fahrul Jatannur (IKIP PGRI Pontianak)
Nabila Alhilma (IKIP PGRI Pontianak)
Sarah Ashari (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

PKM yang dilaksanakan bertujuan menerapkan LSLC untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dalam mendesain pembelajaran berbasis 4C. PKM ini melibatkan 9 orang sebagai tim pelaksana kegiatan. Metode yang digunakan yaitu tutorial dan pendekatan secara kolaboratif-partisipatif. Tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Peserta yang terlibat yaitu guru-guru IPA yang berasal dari SMA Negeri 1 Selakau, SMA Negeri 2 Selakau, SMA Negeri 1 Salatiga, dan SMA Negeri 1 Pemangkat dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang guru. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada 15-16 Juli 2022 dan pendampingan pada 25-26 Agustus 2022. Hasil yang telah dicapai menunjukkan hasil yang positif. Guru telah memiliki kemampuan dalam menerapkan LSLC dalam mendesain pembelajaran berbasis 4C. Selain itu kemampuan siswa juga menunjukkan hasil positif pada aspek 4C dengan rata-rata 76,79.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gervasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang ...