Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 10 No 2 (2022): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

Chyntia Pasalbessy (Unpatti)
Nathalia Y Johannes (Prodi PGSD, Universitas Pattimura)
Elsinora Mahananingtyas (Prodi PGSD, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizizz dalam pembelajaran media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan karakter mahasiswa PGSD. Pembelajaran daring sebagai dampak dari pandemi covid-19 memaksa pengajar melek IT menjadi latar belakang masalah penelitian ini. Quizziz adalah adalah satu media pembelajaran online yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Melalui media pembelajaran online Quizziz, mahasiswa secara aktif dan mandiri menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen. Karena pertanyaan harus dijawab secara online, maka tentu mahasiswa tidak memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan kecurangan dalam menjawab, misalnya menyontek atau meminta jawaban dari teman. Secara tidak langsung mereka dibelajarkan untuk memiliki nilai karakter jujur, disiplin, kreatif, bekerja keras dan mandiri pada saat menjawab pertanyaan dengan menggunakan aplikasi Quizziz. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh media Quizziz terhadap motivasi dan karakter mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...