Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

PENERAPAN GOOGLE FORMULIR DALAM MENGEFEKTIFKAN ABSENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMK CAHAYA

Dadan Samsul Badar (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Dewi Paramita (Unknown)
Maya Marta Dinata (Unknown)
Muhammad Ihsanudin (Unknown)
Nadya Amalia Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi para guru di SMK Cahaya dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring. Selama masa pandemi Covid-19, dengan berbagai pertimbangan terutama terkait kesiapan sarpras, sekolah mengambil kebijakan menggunakan fitur live streaming facebook dalam pembelajaran daringnya dan memanfaatkan kolom komentar untuk perekapan absensi siswa. Kesulitan yang dihadapi para guru terutama dalam memantau sejauh mana tingkat penerimaan siswa atas materi yang disampaikan. Google formulir diujicobakan menjadi alternatif dalam perekapan absensi sekaligus memberikan questionaer kepada siswa terkait materi yang sudah diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan google formulir bermanfaat bagi guru dan siswa. Guru dapat mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman siswa atas materi, dan siswa menjadi lebih disiplin serta serius dalam mengikuti pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fascho

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Fascho is a scientific journal published by Muhammadiyah School of Teacher Training and Education Bogor. The journal is published biannually in April and October. Fascho aims to accommodate ideas, research results produced by practitioners, thinkers, and experts in the fields of education and ...