JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 8, No 4 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Analisis gerakan sosial “sangasanga melawan” dalam konservasi lingkungan Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara

Syifa Izdihar Firdausa Asfianur (Pemerintahan dan Administrasi, Jusuf Kalla Sekolah Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Rahmawati Husein (Pemerintahan dan Administrasi, Jusuf Kalla Sekolah Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Dian Eka Rahmawati (Pemerintahan dan Administrasi, Jusuf Kalla Sekolah Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengulas terkait gerakan sosial yang melakukan konservasi lingkungan di daerah tempat tinggal mereka tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara. Gerakan sosial ini menyuarakan tentang perusahaan pengambilan sumber daya alam tidak melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan serta di setujui secara bersama-sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja bentuk gerakan sosial sangasanga melawan dalam melakukan konservasi lingkungan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil beberapa informasi melalui deskriptif. Sumber data dari penelitian terdahulu, media sosial serta berita terkait gerakan sosial dalam konservasi lingkungan lalu menggunakan teknik analisis data melalui Vosviewers dan NVIVO 12 Plus. Penelitian ini memberikan hasil Gerakan Sosial Sangasanga Melawan dalam konservasi lingkungan merupakan gerakan sosial konsentrasi mensejahterakan masyarakat di kondisi lingkungan yang tidak layak huni. Gerakan sosial Sangasanga Melawan memiliki 4 bentuk gerakan sosial yaitu melawan dengan menanam, melawan dengan membangun, melawan melaui pendidikan, dan kampanye melalui media sosial. Munculnya gerakan sosial Sangasanga Melawan menjadikan daerah Kabupaten Kutai Kartanegara namgkit di dalam keterpurukan terkait kondisi lingkungan yang tidak layak huni tetapi bisa diubah menjadi lingkungan yang sangat baik dari sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...