JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 9, No 1 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Pengaruh interaksi pengalaman spesifik dan kompleksitas tugas terhadap kinerja auditor negara

Paul Usmany (Universitas Pattimura Ambon)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini didesain dalam suatu kerangka penelitian yang bertujuan untuk menguji efek interaksi pengalaman spesifik dan kompleksitas tugas terhadap kinerja auditor. Pengujian model ini didasari premis dasar teori penetapan tujuan bahwa tujuan yang spesifik dan sulit akan menyebabkan kinerja tugas lebih baik dari tujuan yang mudah. Penelitian ini dilakukan pada lingkungan auditor negara yang bekerja pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 182 responden. Teknik penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode puposive sampling. Sedangkan analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA), dengan bantuan program aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman spesifik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor negara, sedangkan kompleksitas tugas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja auditor negara. Selanjutnya pada hasil pengujian efek interaksi menunjukan bahwa moderasi pengalaman spesifik dan komplesitas tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor negara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...