Menara Ilmu
Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PONDOK PESANTREN KAUMAN PADANG PANJANG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PESANTREN

Fitra Murni AR (SMAN 3 Padang Panjang)
Suswati Hendriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PONDOK PESANTREN KAUMAN PADANG PANJANG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PESANTREN Fitra Murni AR Guru SMAN 3 Padang Panjang e-mail: fitramurniar@gmail.com ABSTRAK: : Gaya kepemimpinan transformasional merupakan cara efektif pimpinan lembaga pendidikan untuk meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk gaya kepemimpinan transformasional kepala Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang dalam meningkatkan prestasi siswa dan mutu pesantren. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah di Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang. Instrumen penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin pondok pesantren yang transformasional terlihat dari beberapa karakteristik yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intelektual Stimulation, dan Individualized Consideration. Prinsip-prinsip yang harus dimiliki oleh pimpinan pondok pesantren dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yaitu simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilisasi, siaga dan tekad. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Pondok Pesantren, Prestasi Siswa, Mutu Pesantren Abstract: Transformational leadership style is an effective way for educational institution leaders to improve student achievement and quality of education. Therefore, this study aims at the transformational leadership style of the head of Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang in improving student achievement and the quality of the pesantren. The methodology used in this research is a qualitative descriptive method in the form of a case study. The sample of this research is the principal at the Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang. The research instruments are interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that transformational boarding school leaders can be seen from several characteristics, namely Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intellectual Stimulation, and Individualized Consideration The principles that must be possessed by Islamic boarding school leaders in implementing a transformational leadership style are simplification, motivation, facilitation, innovation, mobilization, alert and determination. Keywords: Transformational Leadership Style, Islamic Boarding School, Student Achievement, Islamic Boarding School Quality

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...