Menara Ilmu
Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PAYAKUMBUH

Lili Hasmi (Unknown)
Neneng Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model scramble terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model scramble. Jumlah populasi 175 siswa, penarikan sampel menggunakan tenik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 siswa yang tersebar dari kelas kontrol 30 siswa dan kelas eksperimen 30 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan test unjuk kerja dengan indikator menentukan unsur teks berita (5W+1H) dan menulis ringkasan serta penyimpulan berita. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpilkan bahwa hasil uji t (t-tes) dalam kelas kontrol membuktikan thitung dengan ttabel (thitung=2,114>ttabel=2,045) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sedangkan hasil t (t-tes) dalam kelas eksperimen membuktikan thitung dengan ttabel (8,365>2,045), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. .Jadi, dapat disimpulkan penggunaan model scramble berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menyimak teks berita. Kata kunci: menyimak, teks berita, model scramble

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...