Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia
Vol 3 No 2 (2022): Juni 2022

Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mahasiswa Kesehatan di Kota Padang Mengenai Vaksin COVID-19

Gustia Anugrahwati (S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Dwitya Elvira (Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)
Yulistini Yulistini (Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Adrial Adrial (Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Hendriati Hendriati (Bagian Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)
Cimi Ilmiawati (Bagian Farmakologi dan Terapeutika, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Latar Belakang: Keraguan terhadap vaksin COVID-19 dan kurangnya pengetahuan mahasiswa kesehatan dapat mempengaruhi keberhasilan herd immunity sehingga dibutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi COVID-19. Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan mengenai vaksin COVID-19 pada mahasiswa kesehatan di Padang, Indonesia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional menggunakan teknik consecutive sampling pada bulan Maret-April 2022 dan didapatkan sebanyak 350 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui tautan Google form kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 58,6% responden memiliki pengetahuan yang baik, sebanyak 66,6% responden menunjukkan sikap positif dan sebanyak 52,9% responden menunjukkan tindakan yang cukup baik mengenai vaksin COVID-19. Kesimpulan: Mayoritas mahasiswa kesehatan menunjukkan tingkat pengetahuan baik, sikap positif dan tindakan cukup baik terhadap vaksin COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikesi

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia is a peer-reviewed and open-access journal that focuses on promoting health sciences to integrate research in all aspects of human health. This journal publishes original articles, reviews, and case reports. Subjects suitable for publication include but are not ...